Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas

Buah-buahan memang termasuk salah satu dalam daftar  makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Sama halnya dengan sayur-sayuran, buah juga kerap menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu diyakini pula serat dapat berfungsi juga untuk mengikat kolesterol jahat, sehingga nantinya kolesterol tadi tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Dari macam jenisnya, banyak sekali variant buah yang dapat kita piih untuk dikonsumsi, baik itu untuk campuran salad, rujak buah ataupun untuk di buat menjadi sebuah jus. Intinya dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa mendapat manfaat terutama untuk kesehatan kita.

Nah, terkait dengan pembuatan jus seperti contoh di atas terkadang kita kerap terbentur oleh minimnya waktu, peralatan (juicer) yang tak memadai dan ingin lebih praktis dalam penyajiannya. Dan mengingat dipasaran banyak sekali beredar dan di jual puluhan macam merk minuman jenis jus ini, membuat kita juga berkeinginan membeli produk siap minum tersebut.

Namun untuk mendapatkan jus yang sesuai dengan apa yang kita harapkan, memang kadang dirasa susah susah gampang. Mungkin karena banyaknya produk pilihan yang di tawarkan. Untuk itu di kesempatan ini, penulis kembali berbagi tips sederhana seputar hal dalam memilih jus betkualitas baik. Besar harapan, semoga dapat bermanfaat disaat anda hendak ingin mencobanya. Dan berikut uraiannya.

Expired date (masa kadaluarsa)
Sama halnya saat ingin membeli produk lain, masalah expired memang menjadi prioritas utama. Pilihlah produk yang usia kadaluarsanya masih terbilang jauh.

Memilih jus menurut jenisnya
Umumnya jus yang dijual dipasaran terdapat dua jenis. Ada yang memang khusus penempatannya harus di tempat pada suhu tertentu (dingin) dan jenis jus ini tergolong kategori jus segar (fresh) dan harap diperhatikan jus ini hanya memiliki waktu kadarluarsa tidak lebih dari dua bulan . Sedangkan untuk jenis yang satunya lagi jus yang tidak memerlukan suhu tertentu. Dan biasanya jus jenis ini tempatnya berdampingan dengan area display minuman lain seperti minuman bersoda, aneka sirup dan "air mineral berkemasan"

Kemasan tidak kembung atau menggelembung
Hal penting lainya yang dapat kita perhatikan, ialah dengan melihat fisik kemasannya. Hindari dan jangan pilih produk yang kemasannya  terlihat kembung meski masa kadarluarsanya tergolong masih lama. Karena hal ini bisa berakibat mempengaruhi perubahan cita rasa bahkan sudah tidak lagi layak untuk di konsumsi, alias produk rusak.
Umumnya produk jus yang rentang kembung ini untuk jenis jus segar (fresh). Yang salah satu penyebabnya karena salah penanganan, dan pengaruh perubahan suhu. (Baca juga 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Produk Kemasan)

Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas
produk jus segar (fresh)

Perhatikan ampas dari jus dibagian paling bawah kemasan
Hal ini erat kaitannya pada point kedua, dimana untuk dapat mempraktekannya kita hanya bisa lakukan dengan produk yang berkemasan botol plastik yang (transparan). Dan umumnya kemasan ini banyak terdapat pada jenis produk jus segar atau fresh saja. Coba anda ambil dua buah produk merek berbeda. Kemudian kocok lalu tunggu beberapa saat, sampai ampas jus benar mengendap di bagian bawah botolnya. Bila ditemui kandungan ampasnya terlihat banyak menandakan produk jus tersebut berkualitas baik. Namun bila anda menemukan produk dengan kondisi sebaliknya, menandakan jus tersebut hanya banyak mengandung air dan bahan perasa buah saja. Selamat ber - jus ria dan selamat berbelanja. *susi)