Info seputar produk, tips dan gaya hidup

LoHan Guo, Khasiat Dan Cara Penyajiannya

LoHan Guo, Khasiat Dan Cara Penyajiannya. Bila melihat bentuk rupanya, buah ini bisa dibilang hampir mirip dengan markisa hanya saja buah lohan Guo lebih dominan memiliki warna coklat ketuan (saat buah sudah dinyatakan kering dan siap untuk dikonsumsi) Sedangkan untuk tekstur dagingnya sendiri hampir serupa dengan buah asam bangkok, namun tidak terdapat biji yang menempel pada dagingnya.
Secara keseluruhan buah yang berasal dari Tiong hua ini memang sudah lama di kenal oleh masyarakat kita. Dan untuk bisa mencarinya, dulunya hanya dapat kita temui di toko penjual obat-obatan cina saja. 

Namun seiring banyaknya permintaan pasar, keberadaanya kini pun, juga merambah sampai ke mini, supermarket atau swalayan.
Disamping itu karena tak lepas juga dari khasiat dan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Buah ini pun bisa dijadikan referensi pengobatan dan juga dapat berfungsi menjaga stamina tubuh. Dan berikut khasiat yang terkandung didalamnya.

LoHan Guo, Khasiat Dan Cara Penyajiannya
LoHan Guo Teh Dewa yang dalam kemasan ini, dapat dibeli di supermarket dengan kisaran harga  Rp. 30 ribuan per pack (isi dua buah)

Khasiat buah Lo Han Guo
  • Dipercaya  manjur dan dapat mengobati penyakit batuk dan tenggorokan kering serta menghilangkan dahak.
  • Bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes.
  • Bermanfaat untuk melancarkan BAB (Buang Air Besar)
  • Sangat baik dan berguna untuk kesehatan organ hati dan pankreas.
  • Bisa memulihkan tekanan darah.
  • Banyak mengandung vitamin A, B, D, E, Betakaroten, fosfor, zat besi, mineral dan zinc.
  • Kaya akan vitamin C.

Cara Penyajiannya
  • Satu buah Lohan Guo nantinya dapat dipecah menjadi beberapa bagian
  • Kemudian cuci bersih terlebih dulu bagian tadi yang akan dimasak
  • Setelah itu rebus buah beserta kulitnya dengan air hingga mendidih
  • Bila dirasa air sudah berubah menjadi kecokelatan (seperti warna air teh) maka siap untuk dihidangkan.
Sedikit catatan, penggunaan sisa ampas rebusan dapat di gunakan 1-3 kali, hal ini tentunya bisa di lihat lagi dari hasil warna dan kadar kekentalan airnya. Dan tak perlu ditambah dengan gula atau bahan pemanis lainnya. Karena rasa rebusan air ini memang sudah serasa manis, namun tetap berkalori rendah. *susi)

17 komentar:

  1. Selamat pagi Mbak Susi. Lohan guo, baru tau saya buah ini Mbak
    Kaya apa rasanya yah..? tapi banyak sekali manfaat nya ya Mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik nih dapet pertamax juga dapet buah lohan guo nya

      Delete
    2. Selamat pagi juga mas saud :)

      Untuk rasanya buah ini dasarnya memang udah manis mas, jadi saat utk meminum air rebusannya ndak perlu ditambah gula lagi.
      (Dan memang kalo aromanya rada berbau langu sedikit gitu)

      Betul mas, khasiatnya lumayan banyak. Dan saya sendiri udah nyoba beberapa kali, buat meredakan batuk

      Trima kasih buat pertamax nya ya :)

      Delete
    3. wuih, pagi-pagi udah bejibun nih tamunya ibu susi teh.
      maaf bu saya belom mandi

      Delete
  2. wah belum pernah coba nih makan lohan guo, jadi penasaran deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mbak Rin bisa di coba, terutama pas saat tenggorakan nemuin gangguan (gejala). Tapi selain itu bisa juga buat menjaga stamina loh :)

      Delete
  3. alhamdulillah jadi tahu nich info lohan yang bermanfaat,oh ya mbak kemarin setiap aku baca artikel pengetahuan produk ,kok kolom komentarnya tak pernah nampak jadi ndak bisa bertanya atau komentar kenapa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerasa seneng juga jadinya mas kalo dapat bermanfaat :)

      Masa sih mas, ini barusan udah saya cek lagi kok, mungkin karena ada gangguan jaringan kali ya :)

      Delete
  4. salam pagi sedap n berkhasiat buah ni ya..kak xpernah jumpa di Msia tapi nmpak seakan buah lycee.

    ReplyDelete
  5. yang saya tau dulunya lohan guo untuk memperbaiki suara yang serak. kebetulan saya juga bekerja dibidang kesenian. setiap kali ada masalah dengan suara, kawan-kawan di pontianak selalu mengkonsumsi lohan guo. ternyata masih banyak juga khasiatnya ya. terima kasih atas informasi yang menarik dan membangun ini. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

    ReplyDelete
  6. sekilas baca judul, ampe tergopoh-gopoh pengen liat koleksi ikan lohan, ngga taunya camilan lagi bae deh..:D

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali manfaat dan khasiat dari buah Lo Han Guo. Saya yang KUDET alias kurang apdet nih nda tau kalau ada buah berkhasiat seperti ini. Saya akan coba cari buah ini di Pontianak. Apakah ada ya

    ReplyDelete
  8. Selamat siang Mbak Susi.
    Saya malah baru dengar ini Mbak buah Lohan guo, manfaat nya ternyata banyak juga ya Mbak, selain bisa mengobati batuh dan melancarkan BAB, ternyata bagus juga di konsumsi oleh penderita deabet

    ReplyDelete
  9. wahh ternyata buah Lohan Guo itu banyak manfaatnya yaaa hmm .. jadi kpoengan beli nihhh :D saya belom pernah nyoba masalahnya :DD

    ReplyDelete
  10. saya baru denger nama Buah Lohan guo mba, beneran deh, ternyata dapat untuk mengobati berbagai macam penyakit yah... makasih infonya mba :)

    ReplyDelete

Custom Search