Tips Memilih Buah Manggis Berkualitas

Ingat waktu masih kecil dulu, buah ini biasanya kerap di jadikan sebagai bahan untuk tebak-tebakan, dan selebihnya baru kemudian di makan. Namun untuk saat ini sepertinya buah manggis sangat populer akan keberadaannya. Karena mengingat buah yang khas berwarna kecoklatan ini banyak mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.
Terlebih saat masuk musimnya seperti sekarang ini, buah manggis banyak terpajang di area display penjualan. Baik di pasar, supermarket bahkan di pinggiran jalan. Namun untuk mendapatkan buah manggis yang berkualitas baik lagi manis rasanya. Di perlukan sedikit cara dan pengetahuan agar bisa mendapatkannya. Seperti apa sajakah tips atau caranya, berikut uraian sederhananya:

Tips Memilih Buah Manggis Berkualitas

Warna
Pilihlah warna kulit buahnya nampak terlihat coklat gelap atau agak kehitaman. Hal ini menandakan tingkat kematangan manggis telah sempurna. Sangat berbeda bila di bandingkan dengan buah yang memiliki warna masih agak kemerahan. Karena buah dengan warna seperti itu Cendrung masih setengah matang.

Tekstur
Ketika saat kita tekan bagian dinding buahnya terasa empuk dan kenyal bisa di pastikan daging buah dalam kondisi baik dan segar. Serta hindari memilih fisik buah dengan kondisi sebaliknya. Karena, jngankan mampu di belah dengan menggunakan tangan karena sangking kerasnya tadi di bantingkan ke lantai pun tidak akan pecah apalagi sampai terbelah.

Tangkai buah
Cara lain yang bisa di lakukan ialah dengan cara memperhatikan kondisi pada bagian tangkainya, pilihlah yang masih berwarna kehijauan. Karena alasannya jika tangkai buahnya telah berubah kecoklatan, maka dampaknya kulit buah pun akan nampak keras lagi mengering. Dan berimbas daging didalamnya pun akan berwarna kekuningan bahkan kecoklatan.

Ukuran
Dalam memilih sangat disarankan buah yang berukuran sedang. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar, karena memang umumnya buah manggis berukuran besar daging buahnya lebih sedikit ketimbang dari biji buahnya. *susi)