Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Batas Waktu Penarikan Produk Kadaluwarsa

Umumnya semua jenis produk yang banyak beredar selalunya mencantumkan kode seperti best before (baik digunakan sebelum) Use by (gunakan sebelum) dan tanggal pengemasan (pack date). Yang dari istilah itu semua kita lebih sering mengaitkan dan menyebutkannya dengan istilah masa kadaluwarsa. Dan memang ada pengecualian saat kita hendak membeli produk semisal aneka buah-buahan, sayuran, daging dan produk fresh lainya. karena produk ini hanya sekedar mencatumkan tanggal pengepakannya saja, baik itu yang berasal dari pihak produsen langsung atau pun dari pihak penjualnya. Dan mengenai batas waktu masa kadaluwarsanya tak lebih dari tiga hari, itupun kita masih harus memperhatikan kembali kondisi kualitas produknya (seperti tidak berjamur, berubah warna, tercium aroma tak sedap ataupun mengeluarkan cairan dalam kemasannya) Baca juga Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek

Sebenarnya expire date yang tertulis pada tiap kemasan bertujuan sebagai penanda, kalau sebuah produk yang sudah akan masuk waktunya memang tidak boleh diperjual belikan dan tak layak konsumsi. Terlebih untuk produk obat obatan juga produk makanan dan minuman untuk bayi.

Batas Waktu Penarikan Produk Kadaluwarsa
Sejumlah jenis barang kebutuhan saat belanja

Sementara dari pihak penjual seperti swalayan, jarak tiga hingga dua bulan sebelum masuk expire, biasanya langsung menarik barang dagangannya. Kalau pun ada dan masih dijual umumnya produk tersebut diberikan diskon separuh harga atau dapat juga diobral "beli satu gratis satu" (yang saat ini tengah populer) Dan disinilah pintar-pintar kita sebagai konsumen, jikalau memang barang tersebut sedianya untuk dimasak, seperti minyak goreng, mie instan dan produk lain yg sejenis. Saya rasa masih tergolong aman, boleh lah untuk sesekali saja. Namun kembali disarankan, agar lebih dirasa aman dan nyaman lagi, memang idealnya pilihlah produk yg masih tergolong jauh dari waktu kadaluwarsanya. Karena kesehatan diri dan keluarga anda, sangatlah mahal harganya. *susi)

18 komentar:

  1. Berarti ada batas waktu agar produk yang kadaluarsa ditarik oleh pemilik toko ya mbak? Jika ada diskon, beli satu dapat dua, dsb...apakah itu pertanda produk sudah mendekati batas waktu kadaluarsa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa jadi seperti itu kayaknya kang uda, tetapi ada juga yang enggak...

      Delete
    2. Bisa jadi yang di discount nin yang kadaluarsa ya Pak Uda
      Sales, atau karyawan sekarangkan cerdik, tapi kadang
      pada kebalik hhhh :D

      Delete
  2. Bener banget Mbak, sehat itu lebih mahal daripada makanan yang hampir kadaluarsa

    ReplyDelete
  3. penting banget ya ngecek asa kadaluarsa sbelum beli makanan/minuman...

    ReplyDelete
  4. meskipun begitu mesti cek juga ya..daripada ada yg kelewat

    ReplyDelete
  5. Ups, perlu lebih teliti lagi neh untuk meliihat kadaluarsa sebuah produk, khususnya yang dikonsumsi rutin :)

    ReplyDelete
  6. Ciri produk makanan yang masa kadaluwarsa-nya sebentar lagi biasanya akan di pajang di barisan paling depan agar laku duluan...

    ReplyDelete
  7. betul tuh mba demi kesehatan kita harus wajib melihat kadaluarsa produk itu :)

    ReplyDelete
  8. Sebagai konsumen harus sadar hal ini yah, Mbak. tapi saya pernah menemukan di minimarket, itemnya ada yang kadaluarsa, entah mungkin kelewat, atau kurangnya pengecekan, entahlah.

    ReplyDelete
  9. hmm pinternya pada pedagang swalayan kalo masa kadaluarsa udah deket jurus diskon pun keluar hahaha kerenn nihh infonyaa mbak :)

    ReplyDelete
  10. tapi di supermarket skalipun, banya saya temu barag2 yang kadaluarsanya kurang dr 1 bln masih diperjualbelikan...bahkan yang sudah kadaluwarsa pun banyak juga...nah ini seperinya menjadi pr pemerintah yg belum sepenuhnya selesai dikerjakan dan semoga sja bisa segera diselesikan,,, :)

    ReplyDelete
  11. saya pernah beli roti wafer tapi nggak ngelihat tanggal kadaluarsanya, alhasil masuk rumah sakit keracunan ... waduh setelah itu aku selalu ngecek tuh tanggal kadaluarsanya biar ga terulang yang kedua kali, sakitnya tuh di sini mak rassanya...

    ReplyDelete
  12. memang kadang harus jeli ya,,biar gak keracunan :)
    makasih infonya :)

    ReplyDelete
  13. Kebiasaan sales nakal. tidak segera menarik produk dari pasaran.. terutama pasar tradisional.. tentu itu merugikan byk pihak..

    ReplyDelete
  14. Di tempat saya masih ada Mbak Susi yang batas waktunya
    Sudah habis bukanya di tarik eeh malah di perbarui tanggalnya doang
    Sedngkan produknya tetap yang kadaluarsa. prihatin yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh bahaya tuh mas kalo gitu, ,
      kok ga dilaporin ???

      Delete

Custom Search