Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek

Masih terkait dengan artikel yang baru lalu disampaikan, tentang bagaimana kita sangat dianjurkan agar selalu teliti dan memperhatikan masa kadaluwarsa dari sebuah produk. Dan dikesempatan ini penulis kembali coba melengkapinya. Namun lebih menjelaskan kesoal macam atau jenis produk apa saja yang memiliki expire date tidak lama alias masa waktu yang tergolong pendek. Baca juga Waspadai Masa Kadaluwarsa Produk.

Selain itu, karena mengingat banyak dari jenis variant produk yang memberikan masa waktu kadaluwarsa tidak sama atau berbeda antara jenis makanan dan minuman tertentu dengan produk berkemasan lainnya. Dan berikut sejumlah produk yang termasuk dalam kategorinya.

Produk olahan siap makan
Jenis panganan jadi ini biasanya murni telah melalui proses pengolahan, pemotongan dan pemasakan. Tanpa diberikan pengawet agar produk dapat bertahan lama. Dan untuk contohnya kita dapat menemuinya di sejumlah swalayan, food court ataupun cafetaria. Sedangkan untuk jenis produknya sendiri bisa seperti aneka buah potong (belah), aneka kue basah, aneka roti, fried chicken dan sejenisnya. Makanya tak heran bila telah menjelang sore pihaknya selalu memberikan potongan harga (diskon) untuk jenis produk tadi. Harapannya sudah pasti karena target penjualannya memang harus habis pada saat hari itu juga.

Produk Roti
Berbeda dengan jenis produk biskuit yang memang diakui memiliki masa kadaluwarsa hingga bulanan lamanya. Namun untuk roti standartnya hanya tak lebih dari tiga hari saja. Kalo sekiranya ada dari pengusaha roti mampu memberikan waktu lebih dari itu. Kiranya hal tersebut menjadi satu pertanyaan. (Karena logikanya, semakin lama produk makanan dan minuman dapat bertahan lama. Sangat berpotensi besar menggunakan pengawet dalam takaran diluar kewajaran)
Next, penulis akan terbitkan tips dalam memilih roti

Produk susu dan aneka jus segar
Sama halnya dengan roti, produk susu segar atau Pasteurisasi memang hanya memiliki masa kadaluwarsa tak lebih dari lima hari atau satu minggu. Sedangkan untuk aneka jus segar tak lebih dari dua bulan.
Baca juga Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas

Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek
Salah satu contoh produk makanan olahan

Produk aneka olahan siap saji
Produk ini mencakup ke panganan siap saji seperti aneka seafood, sosis, baso, kentang beku (shoestring) dan sejenisnya. Dan untuk batas masa kadaluwarsanya tak lebih dari dua hingga tiga bulan. Selamat berbelanja. *susi)

19 komentar:

  1. kalau produk roti standart yang biasanya kadaluawarsa emang cuma sebentar mbak. biasanya roti yang yang berisakan inti kelapa, atau berisikan kacang hijau..

    kalau tidak di makan, yang ada cepat jamuran mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga yang Mas Ehwansah, katakan diatas
      Memang Roti, bolu,dan kue basah yang cepet jamuranya :)

      Delete
  2. Agar makanan minuman lebih sehat dan bermanfaat buat
    Buat kesehatan kita, alangkah baiknya kita harus waspada
    Pada tanggal kadaluarsanya a Mbak Susi,. terutama di tempats saya
    Roti yang di warung warung, kadang tiga hari saja sudah buluk/jamuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti ditegur itu tukang warungnya,

      Delete
  3. Ternyata sebuah kemasan jga berbada-beda ya mba, jadi tahu saya informasinya untuk jenis kemasan untuk makanan. Terimakasih infonya mba.

    Salam

    ReplyDelete
  4. roti biasanya tidak berumur panjang rentang kadaluarsanya apalagi yang tidak dibungkus walah hanya sehari saja sudah tak layak dimakan

    ReplyDelete
  5. roti yang tidak di bungkus oleh kemasan memang kadaluarsanya tidak panjang kadang 2 hari aja udah gak layak dimakan .
    makasih mba infonya :)

    ReplyDelete
  6. salam pagi expired date perlu diperhati agar x berlaku keracunan pada makanan...

    ReplyDelete
  7. produk seperti ini mesti jeli lihat tanggal kadaluarsanya...

    trimakasih mba...paling suka beli roti tawar, biasanya hanya beberapa hari saja masa berlakunya

    ReplyDelete
  8. wahhh ituu yang roti kand ada yang harganya 500 say suka makan dan tanggal kadaluarsanya sampe bulanan heuu baru nyadaarr jangan jangan tuh roti dikasi pengawet yang berlebihan owwhh iyaa nama rotinya Padiemas (saya samarkan) :D

    ReplyDelete
  9. iya nih, saya sering lihat roti yang sudah jamuran masih saja dijual oleh si pemilik warung

    ReplyDelete
  10. Musti teliti dalam belanja, apalagi produk kemasan yang ada kadaluwarsa. bisa bisa keracunan...

    ReplyDelete
  11. Assalaamu'alaikum wr.wb...

    Sikap perihatin kepada produk kemasan tarikh pendek harus diteliti agar tidak membeli yang hanya tinggal beberapa hari sahaja bisa dimakan. Jika tidak kita akan rugi dari segi uang dan kesihatan. Hati-hati dengan tarikh akhir sesuatu produk agar tidak tertipu.

    Terima kasih informasinya.
    Salam manis dari Sarikei, Sarawajk. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  12. Menarik, selain memberi info, artikelnya sekaligus mengingatkan tentang pentingnya untuk teliti melihat kadaluasa sebuah produk. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bner klo milih produk mesti liat" dulu tgl expirednya biar aman :)

      Delete
  13. kalau urusan roti, saya lebih suka dengan sari roti. walaupun kadaluwarsanya sangat sangat pendek, namun setidaknya itu dapat menjamin kualitasnya. daripada roti dengan tanggal kadaluwarsa panjang tapi malah menyebabkan lupa sehingga ketika mengkonsumsinya sudah basi atau kadaluwarsa... trimakasih ya mbak untuk informasinya, sangat bermanfaaat...salam hangat di malam yang dingin... :)

    ReplyDelete
  14. Bener Saya sering beli roti tawar biasanya cma sampe 3 hri

    ReplyDelete
  15. sebab itu kita perlu berhati2 ketika membeli. ada peniaga suka menipu menjual barangan yang hampir expired date nya

    ReplyDelete
  16. saya ada pertanyaan.. #angkat jari

    untuk produk makanan yg kebetulan memiliki masa kadaluarsa lama (hingga bulanan / tahunan), kira-kira jarak waktu aman untuk kita beli seberapa lama ya, mbak?

    maksud saya, contohnya barang A exp date-nya november 2014, apa masih aman apabila kita membelinya sekarang (bulan oktober ini)? atau ada jarak waktu tertentu bagi para konsumen utk berjaga-jaga semisal 3 bulan sebelum tanggal exp date?

    ReplyDelete

Custom Search