Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek

Masih terkait dengan artikel yang baru lalu disampaikan, tentang bagaimana kita sangat dianjurkan agar selalu teliti dan memperhatikan masa kadaluwarsa dari sebuah produk. Dan dikesempatan ini penulis kembali coba melengkapinya. Namun lebih menjelaskan kesoal macam atau jenis produk apa saja yang memiliki expire date tidak lama alias masa waktu yang tergolong pendek. Baca juga Waspadai Masa Kadaluwarsa Produk.

Selain itu, karena mengingat banyak dari jenis variant produk yang memberikan masa waktu kadaluwarsa tidak sama atau berbeda antara jenis makanan dan minuman tertentu dengan produk berkemasan lainnya. Dan berikut sejumlah produk yang termasuk dalam kategorinya.

Produk olahan siap makan
Jenis panganan jadi ini biasanya murni telah melalui proses pengolahan, pemotongan dan pemasakan. Tanpa diberikan pengawet agar produk dapat bertahan lama. Dan untuk contohnya kita dapat menemuinya di sejumlah swalayan, food court ataupun cafetaria. Sedangkan untuk jenis produknya sendiri bisa seperti aneka buah potong (belah), aneka kue basah, aneka roti, fried chicken dan sejenisnya. Makanya tak heran bila telah menjelang sore pihaknya selalu memberikan potongan harga (diskon) untuk jenis produk tadi. Harapannya sudah pasti karena target penjualannya memang harus habis pada saat hari itu juga.

Produk Roti
Berbeda dengan jenis produk biskuit yang memang diakui memiliki masa kadaluwarsa hingga bulanan lamanya. Namun untuk roti standartnya hanya tak lebih dari tiga hari saja. Kalo sekiranya ada dari pengusaha roti mampu memberikan waktu lebih dari itu. Kiranya hal tersebut menjadi satu pertanyaan. (Karena logikanya, semakin lama produk makanan dan minuman dapat bertahan lama. Sangat berpotensi besar menggunakan pengawet dalam takaran diluar kewajaran)
Next, penulis akan terbitkan tips dalam memilih roti

Produk susu dan aneka jus segar
Sama halnya dengan roti, produk susu segar atau Pasteurisasi memang hanya memiliki masa kadaluwarsa tak lebih dari lima hari atau satu minggu. Sedangkan untuk aneka jus segar tak lebih dari dua bulan.
Baca juga Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas

Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek
Salah satu contoh produk makanan olahan

Produk aneka olahan siap saji
Produk ini mencakup ke panganan siap saji seperti aneka seafood, sosis, baso, kentang beku (shoestring) dan sejenisnya. Dan untuk batas masa kadaluwarsanya tak lebih dari dua hingga tiga bulan. Selamat berbelanja. *susi)