Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Memilih Makanan Jajanan Disekolah

Hampir semua anak usia sekolah rata-rata memang suka jajan. Dan umumnya makanan jajanan yang kerap dibeli antara lain ada yang berasal dari produk atau buatan pabrik (seperti berbagai kemasan keripik, chiki, wafer atau permen) sedangkan untuk jenis makanan berat misalnya baso, mie ayam dan siomay, belum lagi dengan aneka macam minuman yang setiap waktu ditawarkan seperti es sirop, es serut, es cendol dan lain sejenisnya.

Lamanya waktu berada diluar sekolah antara kisaran 5-6 jam atau karena ditambah dengan kegiatan siswa didalam sekolah tadi, memungkinkan anak membutuhkan tambahan makanan yang diperoleh dari jajanan. Selain itu, karena faktor psikologis terhadap pengaruh teman dan uang saku juga mempengaruhi kebiasaan jajan pada mereka.

Memilih Makanan Jajanan Disekolah

Namun yang menjadi keprihatinan kita bersama selaku orang tua, bila menyaksikan tayangan dan membaca informasi dari berita. Banyak ditemukan sejumlah makanan jajanan disekolah mengandung bahan tambahan yang berbahaya buat kesehatan.

Untuk itu, sebagai orang tua terus selalu memberi pendidikan anaknya dalam memilih makanan jajanan yang sehat lagi aman. Atau dapat juga dengan membuatkan bekal sendiri yang justru lebih aman dan terjamin, serta dengan pilihan makanan yang sudah barang tentu mereka suka.

Memilih makanan jajanan yang baik.
Jangan memilih makanan dengan warna mencolok, makanan dalam keadaan terbuka yang berpotensi atau setidaknya pernah dihinggapi lalat dan semacamnya. Pada kenyataannya memang cukup sulit memilih makanan jajanan yang sehat lagi aman seperti yang diharapkan, oleh karenanya peranan sekolah dan pihak terkait disini masih sangat diperlukan.

26 komentar:

  1. Saya simpen dulu mahkota Pertamxnya ya Mbak Susi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa pertamax sudah di ambil mas saud.... bagi-bagi lah mas...

      Delete
    2. wah lagi-lagi saya gagal pertamax

      Delete
    3. lagi lagi saya gagal pertamax :3

      Delete
    4. Mas Mas diatas yang Keren dan imut, silahkan jika pada pengen pertamax di tunggu di rumah saya. Soalnya Pertamax nya Mbak Susi sudah saya borong

      Delete
  2. Hal seperti ini yang pernah saya alami pada Anak saya Mbak Susi
    Sudah di peringati ole saya, Suruh jangan Jajan sembarangan De..
    Nanti bisa jadi penyakit, tapi yah namanya Anak anak iya di mulut
    Beda di hati karena mungkin iq nya belum sepandai orang Dewasa

    ReplyDelete
  3. Kita sebagaiorang tua. Tidak ada salahnya untuk terus memperingati agar
    Anak kita lebih berhati hati lagi pada jajanan liar pada jaman ini, karena
    Pedagang yang tidak bertanggung jawab tidak memikirkan tingkat kesehatn
    Bahkan bisa nyaris membahayakan. makasih post nya sangat menginfirasi
    Buat saya Mbak Susi *salam santun dan hormat tetap semangat ceria selalu :)

    ReplyDelete
  4. saya lebih suka membekali anak dg jajanan yg kita beli, jadi dibekal dari rumah..

    banyak makanan yg tidak memenuhi standar kesahatan di lingkungan sekolah saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emange Mas Wong sudah punya anak toh..?
      Katanya masih single pern,, nahh ngaku deh disini hh :D

      Delete
  5. betul mba susi jajanan disekolah itu sangat sulit dibedakan mana jajanan yang baik mana jajanan yang tidak baik untuk anak anak beli :)
    contoh nya saya waktu sekolah jajanan apa aja saya beli gak diliat baik atau tidaknya hehehe

    ReplyDelete
  6. Setuju mas, yang terpenting jangan sampai jajan sembarangan mas.

    ReplyDelete
  7. kalau sekarang sudah susah ya mba, memilih jajanan yang baik disekolah, hampir smua menu jajanan di sekolah berbahaya semua, saya kmarin liat berita reportase. bahan-bahan berbahaya banyak dicampurkan dijajanan anak sekolah, yang paling sedihnya lagi, ada yang dicampur dengan daging b*bi

    ReplyDelete
  8. makan makanan yang berkemasan cantik + berlabel halal itu baik akan tetapi lebih baik lagi jika membawa makanan langung dari rumah biar uang jajan sekolah awet :D

    ReplyDelete
  9. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi...

    Saya juga selalu bimbang akan makanan jajanan di sekolah. Saya lebih senang kalau anak membawa bekal tetapi anak-anak suka membeli di kantin sekolah bersama-sama teman-temannya. Saya juga sering memberi nasihat tentang makanan yang sihat dan tidak sihat kepada mereka. Alhamdulillah, anak-anak mahu memikir dan mengikutinya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  10. ada di sesetengah sekolah di sini, mereka tak mengizinkan jajan di jual di canteen..

    ReplyDelete
  11. makasih tipsnya mbak, sangat bermanfaat nih, :)

    ReplyDelete
  12. lebih baik anak itu di bekali jajan atau makanan dari rumah. bila kita tidak ingin anak kita terjadi sesuatu kepada anak kita..

    ReplyDelete
  13. jajanan di kantin ankku kebanyakan dari setoran wali murid mbak, ada nasi goreng dan mie goreng. kadang ada juga empek-empek. Seringnya dia beli nasi goreng

    ReplyDelete
  14. memang harus jeli ketika membeli jajan di sekolah, tapi anak seusia gitu mungkin juga kesulitan. Lebih baik memang dibawakan dari rumah biar lebih aman :)

    ReplyDelete
  15. Mendingan sang anak di berikan bekal dri rumah yak kan biar ga jajan sembarangan :)

    ReplyDelete
  16. jadi gampang2 susah memilih jajan sekolah anak sekarang yambak.
    enakan jaman saya kecil dulu,nggak pernah jajan,soalnya nggak pernah dapet uang saku.heheh

    ReplyDelete
  17. Dengan Setia saya kembali baca lagi artikel tentang memilih jajanan
    Di sekolah yang bersih dan sehat. untuk anak anak kita ya Mbak Susi :)

    ReplyDelete
  18. saya suka merinding klo liat jajanan anak sekolahan jaman sekarang :(

    ReplyDelete
  19. wew, mendingan dikasih ransum ya, tapi kalo gak dikasih duit juga kasian, ah kebanyakan kasian, bingung jg

    ReplyDelete
  20. urusanmilih jajanan di sekolah mah biarin sudah tak delegasikan sepenuhnya sama menteri ke anak an di jabat oleh ibue'...saya mah tinggal ngomel-ngomel ajah kalau anak pulang sekolah mengeluh sakit perut..udah gituh ajah saya mah

    ReplyDelete

Custom Search