Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Tips Mudah memilih Salak Berkualitas

pengetahuan produk
Buah salak merupakan salah satu jenis buah lokal yang banyak disuka. Karena selain dapat dijadikan teman cemilan juga dikenal banyak terkandung beragam khasiat didalamnya. 

Tiap daerah pun umumnya memiliki jenis buah yang berbeda. Baik dari ukuran ataupun soal rasa. Seperti salak yang sering menjadi primadona yakni salak Pondoh dan salak Bali.
Karena mengingat dari kedua jenis salak ini, mengenai soal rasa sudak tidak diragukan lagi. Namun memang untuk jenis salak Pondoh lah yang lebih mudah dicari dan ditemui disejumlah pasar lokal atau swalayan kini. Baca juga Tips Memilih Buah Manggis Berkualitas

Cara Memilih Salak Berkualitas
Sebenarnya tak ada trik khusus dalam soal memilih, hanya saja memang ada beberapa hal yang terbilang sederhana dan juga perlu untuk diperhatikan. Salah satunya seperti yang ada dibawah ini.

Warna dan tekstur kulit
Pilihlah salak yang memiliki warna coklat agak gelap. Hal ini menandakan buah salak telah sempurna tingkat kematangannya. Dan jangan memilih salak yang tekstur kulitnya terlihat kusam lagi kering.

Curah dan kemasan
Para pedagang umumnya memberi dua pilihan, yakni ada yang dicurah atau digelar dan satunya lagi sudah dikemas (di netting) dengan menggunakan jaring buah. Dan untuk mendapatkan kualitas terbaik pilihlah buah yang dijual dengan sistim curah. Karena dengan begitu kita dapat lebih leluasa mengetahui buah yang masih fresh dan tidaknya.

Menekan bagian bawah buahnya
Hal inilah cara yang paling terpenting dalam memilih salak. Umumnya kita hanya menekan (memencet) pada bagian atas atau sisi tengah buahnya saja. Padahal bagian yang sangat rentang atau cepat rusak terdapat pada bagian ujungnya yang runcing.

Tips Mudah memilih Salak Berkualitas
salak pondoh sleman
Catatan: namun perlu sedikit kehati-hatian bila kebetulan kedapatan salak yang berkualitas buruk, saat dipencet akan menyemprotkan cairan yang dapat mengenai pakaian atau tubuh kita. Selain itu jangan sampai kena tegur dengan pedagangnya kalo buahnya dipenceti semua (pintar-pintarnya kita)

17 komentar:

  1. kebetuan besok mau ke kebun salak di majalengka, ceritanya mau panen sih...pas banget deh besok saya bakalan yang paling pinter nyari salak yang berkualitas, makasih ilmuna nya'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi-bagi dong mas, saya tunggu kiriman salaknya ya.. :)

      Delete
  2. terima kasih atas infonya, dengan begini jadi lebih yakin ketika mau beli salah :)

    ReplyDelete
  3. Waw...ini dia cara memilih salah yang bermutu.Terima kasih tipsnya, mbak...

    ReplyDelete
  4. pelajaran baru nih mba susi buat saya hehehe
    terimakasih mba

    ReplyDelete
  5. suka banget saya dengan buah yang stu ini

    ReplyDelete
  6. selain enak dimakan, buah salak juga banyak manfaatnya, khususnya untuk yang diare :) tapi jangan banyak-banyak loh ya :)

    ReplyDelete
  7. saya kadang gak bisa memilih buah salak, thanks info nya ya mba... :)

    ReplyDelete
  8. kalo saya sih suka memencet bagian atas nya :)

    ReplyDelete
  9. kalo saya sih suka memencet bagian atas nya :)

    ReplyDelete
  10. Yang paling diingat, menekan bagian bawah buahnya... info yang sangat bermanfaat Mbak,

    ReplyDelete
  11. Tapi kenapa iya gigi aku kalau sudah dan lagi makan salak suka ngilu gitu, sensitive kali yaa mbak giginya hehe

    ReplyDelete
  12. nah ini perlu diingat agar nggak tertipu dalam memilih salak

    ReplyDelete
  13. hehehe...sering kejadian dipenceti ujungnya tau2 mlenyok karen dah busuk...tapi trimakasih lho mbak atas pengetahuannya...sangat bermanfaat buat orang yang suka salak seperti saya :D

    izin patroli nyari orang yang masih begadang, buat diajak minum kopi susu biar lebih melek :D

    ReplyDelete
  14. kalau beli salak biasanya jarang pulah pilih,,, langsung maen ambil aja heheh :D

    ReplyDelete

Custom Search