Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Cara Mudah Membedakan Jeruk Navel Dengan Valencia

Cara Mudah Membedakan Jeruk Navel Dengan ValenciaCara Mudah Membedakan Jeruk Navel Dengan Valencia. Bukan hanya, dikarenakan banyak mengandung kadar air yang melimpah saja, atau pula bukan sekedar memiliki rasa yang menyegarkan. Namun selain itu, buah jeruk dikenal juga memiiki segudang vitamin dan nutrisi yang baik lagi berguna untuk kesehatan. Maka tak mengherankan, kalau keberadaan buah jeruk ini dapat disejajarkan dengan buah primadona lain semisal buah apel mau pun anggur.

Dan seperti pada dua tulisan beberapa waktu lalu, dimana penulis di situ telah sedikit gambarkan tentang ciri khas dari tiap masing jenisnya (Baik dari soal rasa, tekstur ataupun bentuknya) Adapun jeruk yang dimaksud adalah jeruk Navel dan jeruk valencia. Dan dikesempatan kali ini, penulis coba rangkum kembali menjadi satu, tak terpisah seperti pada tulisan yang sudah pernah di publish sebelumya.

Umumnya untuk kedua jenis jeruk ini yang sering ditemui disejumlah supermarket kebanyakan berasal dari negara Australia, USA, Cina dan sesekali produksi buah import asal Afrika pun turut pula meramaikan area pajang disana.

Karena mengingat kedua jenis jeruk ini termasuk dalam kategori jeruk sunkist. Bila sepintas dilihat memang terlihat hampir sama, namun jika kita sedikit cermati dari keduanya akan nampak perbedaan yang kita dapat. Seperti apa perbedaannya, berikut uraian sederhananya.


Cara Mudah Membedakan Jeruk Navel Dengan Valencia

Untuk jeruk jenis sunkist ini, memang dikenal lebih baik dikelasnya. Hal ini cukup beralasan dan wajar karena dari soal rasa Navel lebih manis ketimbang valencia. Sedangan untuk bentuknya sama-sama bulat, warna kulit Navel memiiki warna lebih oranye menyala. Dan yang paling utama serta lebih mudah untuk membedakannya, anda bisa perhatikan bulatan yang berlubang (mirip pusar) pada bagian bawah buahnya.


Cara Mudah Membedakan Jeruk Navel Dengan Valencia

Sementara untuk jeruk valencia memang diakui memiiki rasa asam jauh berbeda dengan Navel. Bentuk buah sama(bulat) warna kulit valencia oranye agak pucat dan bertekstur kulit licin. Dan perbedaannya yang paling mencolok ialah bila jeruk valecia bulatan pada bagian bawah buah lebih kecil dan tak berlubang.

32 komentar:

  1. saya suka ketipu kalau beli jeruk di pinggir jalan.harga gak sesuai dengan rasanya..jeruk navel lebih terang ya.. klo jeruk sunkist yg berplastik tulisan cina itu bagus apa ngga sih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jeruk mandarin yg dikemas plastik tranparan atau berwarna merah menyala masuk kategori lookam dan ponkam mas, kalo emang itu yg dimaksud buat rasa keduanya sama2 manis, tapi kalo baru diawal musim jgn dulu nyoba deh, karena warna buahnya masih keliat pucat dan otomatis rasanya pun asam :)

      Hehe.. besok kalo rencana mau beli lagi minta tester dulu ke penjualnya mas :)

      Delete
  2. saya malahan baru tau kalau jeruk model begini itu ada beberapa jenis, jenis navel sama valencia ya...wong cumantinggal capluk ajah sih sayah mah kalau pengen teh

    ReplyDelete
  3. kalau gitu harus teliti ya mbak agar bisa membedakan jeruk navel dengan jeruk valensia

    ReplyDelete
  4. oh si bgtu toh ,,, ciri2 si navel sama valencia ,,,, dri namanya cucok nih dijdohin ,,,,gegege

    ReplyDelete
  5. beda2 dikit, tapi kedua2nya jarang saya makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga mas jarang banget makan jeruk hehehe...

      Delete
  6. haduuuh kalau soal jeruk saya paling alergi orangnya mbk. hehee

    ReplyDelete
  7. waw tipsnya okay banget,memang bener sih kedua jeruk tersebit sangat mirip,kalau kurang jeli bisa ketuker tuh....

    ReplyDelete
  8. sepertinya Jeruk Navel dan Jeruk Valencia belum ada deh mbak di jual tempat kami... di daerah kami sering mengambil buah jeruk dari daerah kabanjahe mbak

    ReplyDelete
  9. Jeruk navel lebih enak rasanya dan ngga bohong soal rasa emang juranya jeruk navel betul ngga mbak? :)

    ReplyDelete
  10. Secara kasat mata sepertinya hanya sedikit bedanya antara jeruk valencia dengan jeruk navel, mbak Susi...

    ReplyDelete
  11. jadi jeruk nevel itu sunkist ya mbak....baru tau ane. memang rasanya juga enak, sekalian juga mahal harganya ya gan hehehee :D

    ReplyDelete
  12. Saya kurang bisa membedakannya Mbak, tapi dengan membaca disini... minimal lebih tahu hehe

    ReplyDelete
  13. Jeruk valencia berarti tu dari spain ya mba

    ReplyDelete
  14. ternyata mudh juga ya untuk membedakannya..selama ini ndak jeli saya membedakan jeruk...kalau mau beli ya tinggal beli gitu aja :)

    ReplyDelete
  15. makasih infonya, saya lebih suka jeruk navel :)

    ReplyDelete
  16. jeruk manapun aku mau kalo dikasih hehe..

    ReplyDelete
  17. ngeliat gambar jeruk sunkist di atas saya jadi teringat waktu SMA pas PKL di Hero kebagian tugas bagian buah-buahan, sayangyna saya gak terlalu suka sih sama jeruk mah saya lebih sukanya sama apel :)

    ReplyDelete
  18. Ada jeruk navel sama valencia segala ternyata. itu adanya hanya di supermarket yah soalnya di pasar deket saya adanya cuma jeruk manis, jeruk nipis, jeruk keprok ga ada itu jeruk valencia soalnya lebih banyak pengemar realmadrid kayaknya

    ReplyDelete
  19. jeruk nevel acungkan jempol di bandingkan dengan jeruk valencia kurang enak :p

    ReplyDelete
  20. selamat Pagi Sob, kebetulan saya sering belanja di supermarket, setelah membaca artikelnya saya jadi bisa membedakan yang mana jeruk navel dan yang mana jeruk valencia...

    ReplyDelete
  21. makasih sharenya mbak, sekarang saya bisa membedakan antara jeruk nevel dan valencia.

    ReplyDelete
  22. yang penting masam...baru sedap nak makan ;-)

    ReplyDelete
  23. berbedaanya tidak terlalu jauh.
    tapi kalau yang buta warna mungkin susah ya :D

    ReplyDelete

Custom Search