Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Mainan Tanpa SNI Masih Banyak Beredar

Mainan anak-anak yang tanpa memiliki standart Nasional Indonesia (SNI) dan belum memenuhi standart keamanan, keselamatan juga kesehatan anak ternyata banyak beredar ditengah kita. Terutama disejumlah kota besar seperti Jakarta dan daerah lainnya.

Peredarannya bisa ditemui dari mulai pedagang keliling, disekolah hingga ke kios atau toko diseputaran pasar. Padahal bila melihat akibat yang ditimbulkannya dapat menciderai, meracuni dan menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan bisa terjadi. Bahkan seperti yang kerap diberitakan dibeberapa media tv, hal ini sudah sering bahkan hingga menelan kurban.

Pengawasan dari pihak terkait, memang belum sepenuhnya berjalan maksimal. Ditambah minimnya pengetahuan mengenai barang ber SNI dari para pedagang, yang standart dan tidaknya kurang begitu jadi perhatian.
Untuk itu, peran kita sebagai konsumen harus jeli dalam memilih dan membelikan maianan buat anak kita. Jangan hanya berpatokan asalkan cocok dengan harga murah dan keinginan anak semata, karena keselamatan adalah yang utama.

28 komentar:

  1. kalau maenan itu hasil kreasi dan kerajinan penduduk lokal dari usah kecil mah jamak ajah atuh buk, cuman kalau maenan tersebut udah masuk ke supermarket kayanya emang wajib pake SNI dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe bener ni kata Mang Lembu

      Delete
    2. wah tumben ngomongnya bener nih kang lembu
      sekarang hari apa ya??

      Delete
    3. tapi rata2 d supermarket juga banyak yg g bersni tuh...

      Delete
    4. mas yanto: mas lembu itu dari dulu bener...tapi karena tawadhu' jadi kadang2 disengaja ndak bener :D

      Delete
    5. analsianya bener banget mas zeer

      Delete
  2. kudu hati-hati ya mbk kalu mau beliin mainan buat anak-anak, untungnya saya belum punya anak jadi belum pernah beli mainan buat anak-anak. hehee

    ReplyDelete
  3. Saya rasa kalau sekedar mainan dan yang sifatnya biasa, gak terlalu penting deh mbak SNI atau bukan

    ReplyDelete
  4. Mungkin pengurusan untuk mendapatkan sertifikat SNI lebih dipermudah kali ya mbak?

    ReplyDelete
  5. banyak banget sekarang dipasaran, harganya murah dg tampilan menarik, padahal tidak aman untuk anak2

    ReplyDelete
  6. penting banget nih buat saya mbak,secara saya punya anak kecil
    makasih atas peringatannya

    ReplyDelete
  7. Kadang susah juga mba, dan kita sebagai orang tua cendrung ga ngeh akan hal itu, apalagi pas lagi jalan sama anak, trus si anak merengek minta sesuatu sampe dapat dengan yg apa dia liat. Kita melihat itu suka ga tahan, trus langsung aja beliin tanpa selektif dulu ada sni apa ga, asal anak senang ndak ga ribut lagi hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada benernya juga tuh, justru terkadang orang tuanya yang gak engeh, terlebih lagi dari pihak si ayah yang lebih cenderung suka menuruti apa yang menjadi keinginan anak, cuma karna gak mau ngeliat anak ngerengek-rengek minta dibeliin mainan hehehe...

      Delete
  8. wah harus lebih hati hati nih kalau beli mainan ya mbak agar tidak membahayakan anak, makasih mbak ulasannya :)

    ReplyDelete
  9. justru lbh asik maenan dulu wktu sy kecil yang serba pke tanah atau dari kayu dan bambu ,,,, :D

    ReplyDelete
  10. Setidaknya harus ada pengawasan dari orang tua agar anak gak beli maenan sembarangan :)

    ReplyDelete
  11. kalau saya perhatikan, mainan bersni masih sangat sdikit jumlahnya bila d bandingkan dngan yg g bersni...karena itu saya sangat berhati2 kalau mmbelikan mainan

    ReplyDelete
  12. Saya gak pernah memperhatikan SNI kalau membeli mainan, kayaknya perlu hati-hati ini :), terima kasih informasinya mbak :)

    ReplyDelete
  13. produk SNI lebih menjamin keselamatan konsumen dan ada pemasukan buat negara gitu ya mba..

    ReplyDelete
  14. lemahnya pengawasan juga mempengaruhi juga ya mbak susi??

    ReplyDelete
  15. banyak penjual yang tidak peduli dengan hal yang satu ini :3

    ReplyDelete
  16. Beliin maenan pesawat..Buuuuuuu...! waoahoahoha..!

    ReplyDelete
  17. mainan Berstandar nasional SNI lebih aman buat anak gitu ya mbak, saya si masih belum punya anak, tp makasih ilmu barunya

    ReplyDelete
  18. meskipun ber-label SNI belum tentu juga aman mbak, dan yang tidak ber-label SNI kadang lebih aman... kalau menurut saya menyesuaikan dengan usia anak saja mbak biar lebih aman dan pengawasan ortu

    ReplyDelete

Custom Search