Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Tips Memilih Telur Berkualias Baik

Tips Memilih Telur Berkualias BaikTips Memilih Telur Berkualias Baik. Tak hanya sekedar digunakan sebagai bahan campuran adonan beragam jenis kue saja atau keberadaannya kerap dijadikan pelengkap hidangan masakan disatu acara tertentu semata. Namun disamping itu telur bisa dibilang sudah menjadi bagian makanan pokok sehari-hari masyarakat kita, selain dari jenis makanan lauk pauk lain seperti ikan, daging, tahu ataupun tempe, tentunya.

Terkait dengan hal itu, kitapun dirasa perlu jeli dalam soal memilih telur yang berkualitas baik. Karena terkadang dan tak jarang kita masih mendapatkan telur yang tak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu, di kesempatan ini penulis kembali memberikan tips sederhana dalam memilihnya. Dan harapannya moga bisa bermanfaat, saat anda nanti ingin mencobanya.

Baca juga artikel terkait lainnya 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Produk Kemasan

Tips memilih telur
Hal pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah, kita dapat memperhatikan warna dari cangkang telur yang akan kita beli. Pilihlah yang warna cangkangnya berwarna coklat tua (agak kemerahan) dengan demikian dijamin kita bakal mendapatkan telur berkualitas baik.

Tips Memilih Telur Berkualias Baik

Mengingat telur yang memiliki warna lebih gelap menandakan kedatangan dan umur telur tadi tergolong baru dan masih dalam kondisi segar.

Tips Memilih Telur Berkualias Baik

Berbeda dengan telur yang memiliki warna cangkang coklat pucat atau agak keputihan, karena umumnya telur ini sudah agak lama ter-stok dan berhari-hari berada di area pajangan. Untuk itu hindari dan jangan pilih telur yang memiliki ciri ini.

Cara lain berikutnya, masih berkenaan dengan memperhatikan seputar kulit atau cangkang telurnya. Bila dirasa kasar atau bergelombang saat di raba dengan jari menandakan telur tadi baik. Dan bila di rasa halus menandakan kondisi telur justru sebaliknya (telur sudah tidak fresh bahkan rusak atau busuk)

Cara terakhir yang dapat dilakukan, adalah dengan cara mengoyangkan (menggerak-gerakan) telur kedekat telinga. Bila terdengar ada suara yang bergerak didalamnya pertanda kuning telunya sudah bergeser posisi dan berdampak kurang baik buat kualitasnya. Dan bila tak terdengar apa-apa justru mengartikan telur dalam kondisi baik, mudah bukan.

56 komentar:

  1. apa tips ini juga berlaku untuk semua jenis telur ya mbk. makasih tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sering disuruh beli telur jika istri saya repot gak bisa ke pasar nah tipsnya Mbak susi cara memilih telur ayam berkualitas ini saya coba praktikan deh :)

      Delete
    2. pasti berlaku untuk semua telur unggas,,,,,karena kalau telur yang lain tidak ada kulitnya hahahaha

      Delete
    3. saya perlu pertanyakan ne mas mas telur apa ne.. kalau katanya kang dede berlaku untuk telur unggas saya setuju.. kalau yang lain ne... :)

      Delete
    4. kalo telurnya mbah sinin kira2 asli nggak yah?

      Delete
    5. Saya lagi butuh telur nih bisa kah Mas/Mbak bantu saya carikan telur ayam tulak sama telur Burung dara yang pertama bertelur.. yang bisa bantu ngajung?

      Delete
    6. datang sini lagi nyari telor baru mba hehe..

      Delete
    7. saya jualan telur mbak santika.. mau beli berapa mbak... :) ada telur ayam dan telur bebek.

      Delete
  2. oh begitu ya cara memilih telur itu mbak
    pekerjaan ibu2nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Bapak Bapak juga boleh kan Mas Yanto..?

      Delete
    2. aah bapa bapamah suka salah kalau pilih telor, untung ada mba susi ngasih tips telornya hehe

      Delete
    3. saya yakin pasti bukan cuman bapak bapak yang suka salah mbak" juga pasti suka salah kalo belom tahu tips ini mah buktinya ibu saya juga suka membeli telur yang warna putih (Ayam kampung) wkwkwk

      Delete
    4. Saya jamin deh pilihan Teh Santika pasti terbaik Mas Ainnul, karena saya nerima apa saja deh pilihan telurnya Teh Santika :)

      Delete
    5. yok, syapa yang mau beli telur, yang telur yang telur.................

      Delete
  3. bgi donk mbk telor nya ,,,, kn dh pada naek ,,, hehe

    ReplyDelete
  4. Assalamuallaikum Mbak Susi. Wah terima kasih sekali nih MBak kebetulan saya tidak paham dengan cara memilih telur ayam. saya bisa langsung coba nanti kalau ke Pasar sekali lagi terima kasih Mbak Susi yang baik hati :) *salam ceria

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalaam...kalau gitu langsung disimak atikelnya mbak susi di atas :D

      Delete
  5. nuaah...walaupun yang suka belanja telor mah ibue', kalau saya udah ngerti cara milih telor yang bagus, saya kan bisa ngasih teorinya sama ibue'...kerenkan sayah?

    ReplyDelete
  6. nuaah...walaupun yang suka belanja telor mah ibue', kalau saya udah ngerti cara milih telor yang bagus, saya kan bisa ngasih teorinya sama ibue'...kerenkan sayah?

    ReplyDelete
  7. Makasih ya tips cara memilih telur yang baik. Jadi paham nih...

    ReplyDelete
  8. ternyata tidak begitu sulit ya mbak, cara memilih telur yang berkualitas :)

    ReplyDelete
  9. nah ini cocok buat ibu2 yg suka belanja telur

    ReplyDelete
  10. Akan saya sampaikan sama mboke anak-anak nih biar tidak keliru kalau beli telur,,,makasih mbak untuk tipsnya,,,

    ReplyDelete
  11. ohh ternyata cuma membedakan warnanya aja bisa memilih telur yang berkualitas baik ya mba :)
    terimakasih infonya...

    ReplyDelete
  12. wah ternyata telur yang warna nya udah pucat bahkan putih itu tidak baik yaa :3

    ReplyDelete
  13. oh begitu ya mbak ciri dan cara mengetahui telur yang baik, tidak ada salahnya dong pak bapak mengetahui caranya

    ReplyDelete
  14. Mbak kenapa ngga ayam beneran aja yang di atas telurnya/ :D

    ReplyDelete
  15. nunggu kiriman telur baru nih belum dateng, ini masih telur kemarin

    ReplyDelete
  16. Waaah mantap banget nih tipsnya.. makasih buanyak ya..

    ReplyDelete
  17. Wah, perlu diperhatikan ni tips cara memilih telur yang berkuwalitas, kalau saya gak pernah beli telur ayam mbak, soalnya dirumah banyak ayam ayam yang bertelur.

    ReplyDelete
  18. kalau untuk telur jawa yang warnanya putih itu gmn caranya mbak :)

    ReplyDelete
  19. bukan telurnya ngkong yang di berita-berita itu kan mbak? heheehe bercanda.. makasih mbak

    ReplyDelete
  20. untungnya saya udah lama ngga bertelor, coba kalau masih..bakalan masuk tv juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha,,, bisa aja si akang...
      trims infonya mbak hehe

      Delete
    2. ooo.. Kang Ci Bisa bertelor jg..!.

      Delete
  21. Salam siang Mbak Susi kembali simak dan baca dengan teliti. caramemilih telur ayam yang berkualitas. kebetulan cara ini kemarin sudah saya coba beli telur di pasar mantap
    Deh Mbak tipsnya manjur alias work :)

    ReplyDelete
  22. ternyata pilih telur juga ada tips nya ya mbak, bisa dicoba nih kalau pas belanja dipasar ;)

    ReplyDelete
  23. wah penting banget nie tipsnya, soalnya saya pernah dulu beli telur eh ternyata telurnya ada yang busuk gitu mbak, makasi ya atas share tipsnya :)

    ReplyDelete
  24. Jadi gt ya mbk cara memilih telur yang berkualitas..makasih tipsnya mbak ntar byar sya kasi tau ade saya waktu belanja dipasar. hehee

    ReplyDelete
  25. saya baru tau ada trik nya juga ya untuk memilih telur, kirain pilih aja yang keliatan nya paling besar telur nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yang besar itu bagus mba, jaid bisa lebih banyk porsinya

      Delete
  26. mualanya sy nda terlalu perhatikan telur ayam mba..!. yg penting kalo sdh digoreng pasti enag.. tp setelah membaca, melihat.. baru paham..
    jadi ntr kalau di suruhh sama emak nda perlu bingung lagi milih yg mana..!

    ReplyDelete
  27. Ternyata dari warnaya saja kita bisa mengetahui mana telur yang berkualitas baik, makasih tipsnya Mbak sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  28. Tips dan gambar telur sajian mba susi
    Seperti ada di mas budi

    :)

    ReplyDelete
  29. Waduhhhhh.. selama ini saya hanya berpikir warna tidak menentukan kualitas telur bagus atau tidak mbak. Sangat membantu artikel ini mbak..

    ReplyDelete
  30. klo yang dipilih yang baru trus, yang lama gmn donk,kan kasian tukang jualnya. hehehe\
    tips yang bermanfaat, saya suka telur dan sering beli telur

    ReplyDelete

Custom Search