Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Cara Paling Sederhana Mengetahui Ciri Ikan Yang Benar Segar

Cara Paling Sederhana Mengetahui Ciri Ikan Yang Benar Segar. Seperti saat tengah memilih sayuran atau buah-buahan, memang di perlukan sedikit perhatian dan juga kehati-hatian. Terutama dalam soal memilih produk yang berkategori fresh ini. Baik itu dari segi kualitas, kesegaran dan tentunya memiliki standart keamanan ketika di konsumsi. Demikian pula halnya saat kita ingin memilih dan mendapat ikan segar.

Nah, Adapun cara untuk mengetahui ciri dari ikan segar itu, diantaranya:

Cara Paling Sederhana Mengetahui Ciri Ikan Yang Benar Segar

Warna kulit dan sisik
Kesegeran pada ikan dapat terlihat dari warna kulitnya yang cenderung cerah dan sisiknya nampak mengkilat, kuat menempel dan tak mudah tanggal.

Insang dan Mata
Hal mudah lainnya yang dapat di lakukan adalah dengan cara membuka insang pada bagian kepalanya, tanda ikan yang masih segar memiliki warna kemerahan. Sedangkan untuk matanya akan terlihat bening dan kerap menonjol.

Tekstur daging
Tidak perlu ragu atau kuatir tangan anda menjadi amis, karena biasanya tiap supermarket menyediakan kran khusus untuk mencuci tangan. Yang mana keberadaan kran tersebut memang tidak jauh dari area display. Kalau pun tidak ada, anda bisa membungkus tangan dengan kantong rol plastik yang tersedia.
Di point ini, anda bisa coba tekan pada bagian dagingnya jika terasa masih keras menandakan ikan bagus kualitasnya. Dan bila di tekan serasa lembek menandakan sebaliknya.

14 komentar:

  1. klo masih segar, dimasak rasanya juga enak, banyak yg di formalin sekarang

    ReplyDelete
  2. Ikan segar ternyata lebih mudah diketahui dari warna ingsang dan matanya ya mbak ...?

    ReplyDelete
  3. Waena ingsang juga peenah ada kasus yang dikasih pewarna.... Hahaha, pernah gue lihat di reportase inveatigasi....

    ReplyDelete
  4. kalo saya sih blm pernah belanjake pasar mba, biasanya cewe nih yang suka belanja ke pasar.hehe

    ReplyDelete
  5. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi... iya begitulah tips yang selalu saya lakukan saat membeli ikan segar. Namun kadang kala tersasar juga apabila tersalah beli ikan yang sudah diaiskan. Rupanya ikan itu bukan segar dan saat menyiangnya kita dapat tahu ia sudah lembek. Terima kasih tips yang bermanfaat itu, mbak Sussi. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  6. Repotnya kalau mmebeli ikan yang sudah mati seperti ikan kembung karena biasanya di es sehingga terlihat segar namun ketika digoreng barulah ketahuan dari aromanya dan rasanya sudah nggak gurih.Padahal kaata pedagangnya baru jadi untung-untungan kalau pas dapet bagus ya enak dimakan kalau nggak ya kadang buat kucing kesayangan

    ReplyDelete
  7. tipsnya bermanfaat mbak,dengan mengetahui ciri-ciri ikan yang segar,kita bisa membeli ikannya tanpa ragu takut gak enak ya mbak ? :)

    ReplyDelete
  8. Bisa jadi info buat ibu saya dirumah nih, trims infonya mbak, hehe

    ReplyDelete
  9. kebanyakan saat ini ikan segar sulit ditemukan mbak, sebab ikan yang kita beli ternyata lama di dalam es atau kulkas, hmmmm

    ReplyDelete
  10. makasih banyak infonya gan salam satu jiwa :)

    ReplyDelete
  11. Bagus nih tipsnya biar enggak kena tipu dengan ikan yang udah basi bisa-bisa mengundang penyakit, makasih banyak bu sangat bermanfaat. Ini jadi tambahan ilmu buat saya, kalau kelak istri membeli ikan.

    ReplyDelete
  12. mungkin tandanya ikan masih segar adalah jika dimasak akan terasa enak, jadi dimasak dulu saja, kalau gak enak gak jadi beli.hehe

    ReplyDelete

Custom Search