Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Jangan Gunakan Air Panas, Saat Membuat Minuman Ini

Memang pas kiranya apabila kita mengingkinkan sebuah minuman panas seperti kopi atau wedang jahe, untuk mengusir hawa dingin di tubuh kita. Terlebih seperti sekarang ini, di mana musimnya sudah masuk musim penghujan. Namun, tahukah anda ternyata selain kopi atau wedang jahe tadi. Ada sejumlah jenis minuman lain yang justru di nilai tidak baik jika di hidangkan dalam keadaan panas. Karena hal ini yang nantinya, malah dapat menghilangkan khasiat atau manfaat dari jenis minunannya itu sendiri.

Seperti yang telah di tuliskan oleh Jane Ibbetson dalam buku karyanya "Smart Eating" di sana di sebutkan ada beberapa jenis minuman yang memang tidak perlu di seduh dengan menggunakan air bersuhu tinggi (panas)
Dan minuman apa sajakah yang termasuk di dalamnya, berikut jenis beserta alasannya.

Jangan Gunakan Air Panas, Saat Membuat Minuman Ini

Minuman ini memang syarat mengandung protein yang baik untuk tubuh. Namun jika dalam proses menyeduhnya kerap menggunakan air panas, membuat protein tadi akan rentang rusak bahkan hilang. Oleh sebab itu, untuk membuat segelas susu cukuplah dengan air yang hangat saja.

Teh hijau
Antioksidan yang terdapat pada secangkir teh hijau di yakini baik untuk kesehatan, seperti dapat mencegah resiko terjadinya kanker, menjaga penurunan fungsi otak, membuat awet muda dan masih banyak lagi lainnya. Nah sayangkan jika kandungan antioksidan tersebut harus menjadi rusak, saat anda membuatnya dengan menggunakan air yang sangat panas. Suhu yang di anjurkan untuk menyeduhnya ialah tidak kurang dari 70 derajat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ukuran satu cangkir cukup di perlukan 3 gram teh. Sedangkan untuk yang berupa teh celup hindari pencelupannya tidak lebih dari 3 kali, hal ini bertujuan untuk mencegah teh terkontaminasi.

Minuman Jeruk
Selain memiliki rasa manis dan segar, buah jeruk pun di percaya mengandung banyak vitamin C. Lantaran di ketahui sifatnya yang tidak kuat akan suhu yang panas. Oleh karenanya sangat tidak di anjurkan mencampurkan air panas pada perasan jeruknya. Melainkan cukup dengan menggunakan temperatur berkisar 20-25 derajat atau setara dengan suhu ruangan.

11 komentar:

  1. wah salah besar deh selama ini, saya sering buat susu dengan air yang mendidih

    ReplyDelete
  2. wah pengetahuan yang bagus ini. saya yakin tidak semua orang tahu tentang hal ini. karena justru ketiganya masih banyak orang yang menggunakan air panas untuk menyeduhnya saya juga sering hehe. terima kasih infonya mbak susi..

    ReplyDelete
  3. Untung teh tubruk nggak termasuk soalnya nggak mantap kalu nyeduh teh nggak pake air yang baru mendidih ampasnya pada ngambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah,,saya kalau mau buat susu malah suka pakai air panas,ternyata gak boleh ya mbak? :)

      Delete
  4. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi.... saya malah suka minum air susu, teh hijau dan jeruk dengan air panas yang mengelegak, mbak. ternyata rasa sedap pada minuman panas tidak semuanya bagus ya. Alhamdulillah, selepas ini saya hanya menggunakan air suam kuku (hangat biasa) untuk membuat minuman susu yang saya gemari. Informasi yang sangat bermanfaat, mbak Sussi. Terima kasih banyak dan salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  5. terimakasih infonya, biasanya saya seduh susu dengan airpanas, kalo tau gini nanti seduh air es aja deh :D

    ReplyDelete
  6. jika susu dan teh hijau ngga pake air panas sepertinya kurang makjleb rasanya sehingga atuh bu.
    kalau minumanjeruk emang cocoknya pake es lebih akan makjleb...gituh sih pandapatan saya mah

    ReplyDelete
  7. hebat euyyyy, berarti kalau mau buat minuman seperti susu dan teman2nya cukup gunakan air hangat, bukan air panas.....kalau bikin kopi masih boleh ngga gunakan air panas?

    ReplyDelete
  8. saya suka membuat susu pake air panas tapi suka si campur lagi dengan air dingin mba :)

    ReplyDelete
  9. Saya suka banget dengan jeruk panas. Salah deh selama ini. Trims buat infonya ya.

    ReplyDelete
  10. Good morning and good Monday.
    A merry month of March and a nice week.
    Teb.

    ReplyDelete

Custom Search