Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Ini Dia Ciri Dan Cara Memilih Ayam Tak Mengandung formalin

Ini Dia Ciri Dan Cara Memilih Ayam Tak  Mengandung formalin. Banyaknya kasus makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin saat ini, membuat kita sebagai konsumen dituntut agar selalu berhati-hati dan selalu tetap waspada. Pasalnya demi untuk meraup keuntungan, mereka kerap tega menghalalkan segala cara. Tentunya hal ini berkaitan langsung dengan segi keamanan dan kualitas dari barang dagangan yang mereka pasarkan.

Adapun produk yang umumnya sering di berikan campuran zat pengawet seperti formalin, adalah jenis produk berkategori makanan fresh(segar), sebut saja seperti produk ayam potong ini salah satunya. Yang mana kekuatan kesegarannya, memang tak bisa bertahan hingga lama.

Ini Dia Ciri Dan Cara Memilih Ayam Tak  Mengandung formalin

Kendati demikian, sebenarnya kalo kita mau perhatikan lebih dalam lagi. Akan ada ciri dan cara untuk membedakannya. Antara ayam potong yang mengandung formalin dan tidaknya. Nah, mau tahu apa saja ciri dan juga caranya, berikut uraian singkatnya.

Tips Memilih Ayam Potong Agar Terbebas Dari Formalin

Warna Daging
Cara mudah namun efektif yang bisa kita lakukan saat ingin membeli ayam potong adalah, dengan memperhatikan ayam tersebut apa di kerumuni oleh lalat atau tidak. Jika tidak justru, besar kemungkinannya ayam tersebut mengandung bahan kimia.
Selain itu, bila warna fisik kulit serta dagingnya terlihat tidak pucat kebiruan dan tidak mengkilat, menandakan ayam tadi berkualitas baik.

Tekstur Daging
Ciri daging ayam segar dan tak mengandung zat pengawet (formalin) cenderung kesat dan tidak licin. Selain itu bila di tekan pada permukaannya akan terasa empuk dan teksturnya tidak terlalu kenyal.

Aroma daging
Sama halnya saat ingin memilih daging atau pun ikan segar, yang mana ciri baunya akan tercium aroma daging segar. Sementara untuk ayam yang mengandung formalin, sengatan bau aroma obat dan bahan kimianya terasa.

10 komentar:

  1. Formalin yang hanya diperuntukkan untuk mengawetkan mayat manusia la kok ya di pake buat mengawetkan ayam yang sering di konsumsi,sungguh perbuatan yang sadis banget ya.
    untung ada suguhan cara memilih ayam yang tidak mengandung formalin dengan melihat ciri-cirinya...moga ibu admin dapet pahala atas artikelnya ini.
    aaaamiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ibu dapet pertamax di rumah saya, segera transferin yah....peraturannya begituh sih

      Delete
  2. Pedagang sekarang banyak yang curang mengawetkan dagangannya dengan cara berbahaya... hanya mementingkan keuntungan pribadinya saja, tanpa berfikir bijak untuk konsumennya.. kalau ayam yang sudah digoreng, seperti Saba*na/K*FC gak bisa ketauan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itukan menurut bapak, kalau menurut tetangga saya mah, kreatif namanya kang

      Delete
  3. ayam sekarang yang biasa dijual dipasaran ternyata juga sering pakai formalin ya mba..
    ini akan begitu bermanfaat bagi yang suka ke pasar agar lebih teliti dalam memilih ayam belian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan beli ayam kampung punya saya tea - lah.

      Delete
  4. Cara yang paling mudah dengan melihat di kerubungi lalat atau tidak soalnya dipasar apalagi tradisional pasti banyak lalat

    ReplyDelete
  5. Kalau saya biasanya melihat dari tekstur dan ada nggaknya lalat yang ngerubutin....kalau ngga ada pormalin pasti banyak lalat

    ReplyDelete
  6. yap, saya akan tengok warna terlebih dahulu... sebelum membeli

    ReplyDelete
  7. Jadi yang dilalerin lebih aman ya ;)

    ReplyDelete

Custom Search