Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Benarkah? Makan Buah Berlebihan Justru Tak Baik Untuk Tubuh

pengetahuan produk
Pengetahuanproduk.com. Sama halnya seperti sayuran, buah-buahan juga dikenal kaya vitamin (terutama vitamin A dan C) mineral, dan serat. Selain zat gizi, di dalam buah-buahan juga banyak  mengandung zat antioksidan, yang mana dapat berfungsi mencegah rusaknya sel-sel tubuh yang diakibatkan dari zat-zat perusak yang ada pada asap rokok, alkohol, zat pengawet makanan yang dilarang dan sebagainya.

Dan mengingat akan banyaknya manfaat yang di kandungnya tadi, membuat orang kerap menyantap buah-buahan secara berlebihan. Namun tahukah anda, para ahli mengatakan jika menyantapnya tak sesuai takaran justru akan berdampak buruk untuk kesehatan.
Seperti yang pernah dilangsir oleh Healthmeup beberapa waktu lalu, dan berikut uraian singkatnya.

Benarkah? Makan Buah Berlebihan Justru Tak Baik Untuk Tubuh
Kandungan Kadar gula
Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, buah-buahan juga memiliki kandungan gula (fruktosa), yang memang tak semuanya bagus untuk kesehatan tubuh. Umumnya jenis buah yang memiliki kandungan gula tinggi meliputi apel, anggur, leci, buah tin, pisang dan mangga. Sedangkan untuk jenis buah yang kandungan gulanya rendah di antaranya lemon, melon, strawberi, redberry dan blackberry.
Bila terlalu berlebihan mengkonsumsi fruktosa akan dapat meningkatkan jumlah insulin pada tubuh. Dan bila kadarnya semakin tinggi, maka tubuh akan kesulitan saat membakar lemak. Karena hal inilah bisa berakibat buruk untuk kondisi berat badan hingga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Karbohidrat
Meski kadar karbohidrat pada buah-buahan tidak terlalu dominan di banding dengan jumlah fruktosa (gula buah) namun bila berlebihan karbohidrat sudah barang tentu membuat tubuh terisi oleh lemak. Untuk itu amat di sarankan saat ingin mengkonsumsinya cukup satu porsi buah dalam satu waktu. Sedangkan bagi anda yang tengah menjalankan program diet, tak perlu lagi mengkonsumsi nasi, roti atau pun kentang. Karena memang peran buah tadi telah cukup memberi asupan karbohidrat ke tubuh anda.

Jus buah
Buah yang telah tersaji dalam bentuk jus jadi atau minuman cair ternyata memang berbeda saat anda memakan buahnya langsung. Minum jus buah mengartikan kalau anda tengah meminum gula buah, bukan makan buah yang memberikan asupan sehat dari serat.

6 komentar:

  1. Saya kira buah akan tetap memberikan manfaat, manfaat itu akan menjadi lebih banyak seiring banyaknya buah yang kita makan. Wah, dugaan saya salah besar ternyata. Setelah membaca artikel mengenai Benarkah Makan Buah berlebihan justru tak baik bagi Kesehatan. Cukup memberikan banyak ilmu, dan khususnya lebih merekomendasi buah langsung dibanding jus.

    ReplyDelete
  2. Ternyata bner yang berlebihan itu baik :)
    lebih baik secukupnya

    ReplyDelete
  3. berlebihan malah ga baik ya mba, saya malah jarang makan buah-buahan.hehe

    ReplyDelete
  4. Karena di dalam buah-buahan mengandung gula juga jadi kurang baik untuk tubuh yaa :)

    ReplyDelete
  5. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi.... ternyata ada juga mudharat pada buah-buahan ya mbak. Saya kira ia menyehatkan kalau dimakan banyak. Malah saya suka sekali minum jus buahan. Informasi ini memberi ruang untuk saya memikirkan kembali buah-buahan yang bakal dimakan agar dijaga humlah ambilannya. Terima kasih mbak atas info yang berguna ini. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  6. hahhh baru boleh komen ;-)

    betul tu sebab tu nabi suruh kita makan berpada-pada... jangan terlebih dan jangan terkurang

    ReplyDelete

Custom Search