Benarkah? Makan Buah Berlebihan Justru Tak Baik Untuk Tubuh

Pengetahuanproduk.com. Sama halnya seperti sayuran, buah-buahan juga dikenal kaya vitamin (terutama vitamin A dan C) mineral, dan serat. 

Selain zat gizi, di dalam buah-buahan juga banyak  mengandung zat antioksidan, yang mana dapat berfungsi mencegah rusaknya sel-sel tubuh yang diakibatkan dari zat-zat perusak yang ada pada asap rokok, alkohol, zat pengawet makanan yang dilarang dan sebagainya.


Benarkah? Makan Buah Berlebihan Justru Tak Baik Untuk Tubuh


Dan mengingat akan banyaknya manfaat yang di kandungnya tadi, membuat orang kerap menyantap buah-buahan secara berlebihan. Namun tahukah anda, para ahli mengatakan jika menyantapnya tak sesuai takaran justru akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Seperti yang pernah dilangsir oleh Healthmeup beberapa waktu lalu, dan berikut uraian singkatnya.

Kandungan Kadar gula

Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, buah-buahan juga memiliki kandungan gula (fruktosa), yang memang tak semuanya bagus untuk kesehatan tubuh. Umumnya jenis buah yang memiliki kandungan gula tinggi meliputi apel, anggur, leci, buah tin, pisang dan mangga. 

Sedangkan untuk jenis buah yang kandungan gulanya rendah di antaranya lemon, melon, strawberi, redberry dan blackberry.

Bila terlalu berlebihan mengkonsumsi fruktosa akan dapat meningkatkan jumlah insulin pada tubuh. Dan bila kadarnya semakin tinggi, maka tubuh akan kesulitan saat membakar lemak. Karena hal inilah bisa berakibat buruk untuk kondisi berat badan hingga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Karbohidrat

Meski kadar karbohidrat pada buah-buahan tidak terlalu dominan di banding dengan jumlah fruktosa (gula buah) namun bila berlebihan karbohidrat sudah barang tentu membuat tubuh terisi oleh lemak.

Untuk itu amat di sarankan saat ingin mengkonsumsinya cukup satu porsi buah dalam satu waktu. Sedangkan bagi anda yang tengah menjalankan program diet, tak perlu lagi mengkonsumsi nasi, roti atau pun kentang. Karena memang peran buah tadi telah cukup memberi asupan karbohidrat ke tubuh anda.

Buah yang telah tersaji dalam bentuk jus jadi atau minuman cair ternyata memang berbeda saat anda memakan buahnya langsung. Minum jus buah mengartikan kalau anda tengah meminum gula buah, bukan makan buah yang memberikan asupan sehat dari serat.