Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Cara Memilih Durian Matang, Manis plus Isi Buahnya Melimpah

pengetahuan produk
Cara Memilih Durian Matang. Untuk bisa membeli dan membawa pulang buah durian yang sudah matang itu, memang ada kalanya susah-susah gampang. Susahnya sudah barang tentu karena kurangnya ketahuan kita saat hendak memilihnya, sedangkan untuk yang gampangnya kita hanya cukup membeli duren yang berupa isi dagingnya saja (karena untuk durian yang di jual seperti ini, matang dan tidaknya bisa langsung mudah terlihat) Atau dapat juga dengan cara lain yakni lewat pilihan bantuan dari si penjualnya.

Namun sayang di balik kepraktisannya tadi, durian tanpa kulit (duren pack-an) yang umumnya di jual di sejumlah swalayan. Untuk harga perkilogramnya memang lebih mahal di banding durian yang sekaligus di jual dengan kulitnya. Begitupun untuk hasil buah pilihan dari si pedagang terkadang masih juga kedapatan durian yang tak sesuai dengan apa yang di harapkan.

Cara Pintar Memilih Durian Matang, Manis plus Isi Buahnya Melimpah

Terkait dengan hal itu sebenarnya kita hanya perlu melakukan tiga langkah mudah agar dapat mengetahui durian yang nantinya bakal di beli sudah benar matang. Seperti yang pernah di lansir Purnomosymb19, dan berikut uraiannya.

Cara Memilih Durian Matang, Manis dan Berkualitas

Tekan bagian kulitnya dengan menggunakan ibu jari.
Tips mudah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menekan di antara celah kulit yang jarang di tumbuhi duri. Bilamana saat ditekan permukaan kulit duren terasa empuk menandakan buah durian tersebut sudah pasti matang.

Pilih buah durian yang bentuknya bulat
Bila tidak dalam keadaan terpaksa, tetap usahakan dalam memilih durian pilihlah yang bentuknya bulat. Karena buah durian dengan bentuk ini umumnya berkulit tipis dan memiliki daging buah melimpah. Berbeda dengan durian yang memiliki bentuk lonjong (oval) karena untuk karakteristik kulitnya memang cenderung lebih tebal.

Bagian bawah Duren terlihat mengering
Anda bisa perhatikan pada bagian tengah bawah buahnya. Jika permukaannya terlihat agak menonjol dan semakin mengering menandakan durian tersebut matang. Untuk memastikannya anda bisa mencoba membukanya dengan menggunakan pisau (tak perlu harus kuat-kuat dan terlalu dalam saat mengcongkelnya) karena bila benar sudah matang kulit duriannya nanti akan mudah meletek dan membuka celah hingga kesemua bagian kulitnya.

Perlu juga di ingat, durian yang dasarnya sudah tua meski sempat di buka dan ternyata tekstur dagingnya masih keras seperti ubi. Namun bila rasanya terasa gurih besar kemungkinan durian tersebut nantinya masih bisa menjadi manis. Asalkan daging buahnya belum terlepas dari kulitnya, untuk itu segerakan anda bungkus durian tersebut dengan menggunakan plastik wrapping, tunggulah barang satu atau dua hari. Baru kemudian anda bisa membukanya kembali.

4 komentar:

  1. tq infonya..durian sdg bermusim ni..

    ReplyDelete
  2. kebetulan sedang ada di kota dan pas lagi milih duren, jadi mendadak baca detail dulu nih artikel cara milih duren yang makjleb...makasih ilmunya ya bu

    ReplyDelete
  3. Seger banget gan buah duriannya, tapi skrg tmpt ane jarang yg jualan

    ReplyDelete

Custom Search