Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Kenali Ciri-Ciri, Cara Mengetahui dan Membedakan Batu Akik Palsu Dengan Yang Asli

pengetahuan produk
Kenali Ciri-Ciri, Cara Mengetahui dan Membedakan Batu Akik Palsu Dengan Yang Asli. Tak hanya praktek dokter kecantikan palsu atau pun hebohnya perederan beras berbahan plastik yang saat ini tengah ramai dibincangkan, namun demam batu akik juga di manfaatkan oleh segelintir oknum pembuat batu akik aspal alias abal-abal.

Banyak orang yang yang telah mengeluarkan uang besar namun tertipu usai membayarnya, karena batu akik yang dibelinya itu tadi ternyata palsu.

Sebenarnya, kita sering mendengar kalau proses pembentukan batu akik asli umumnya memang melalui cara pengukiran dan juga penggosokan. Kemudian barulah bentukan warna batu itu akan terlihat indah. Berbeda dengan batu akik palsu, yang mana cara pembuatannya lewat proses pemasakan dan berbahan dasar dari pecahan kaca. Agar hasil pemasakannya terlihat sama indah dengan yang asli, tak jarang sipembuat batu palsu mencampurkan sejumlah zat berbahan kimia.
Kenali Ciri-Ciri, Cara Mengetahui dan Membedakan Batu Akik Palsu Dengan Yang Asli

Namun bila dari keduanya telah menjadi batu, secara kasat mata tentunya akan sulit untuk membedakan asli dan tidaknya. Untuk itu ada beberapa tips atau cara membedakannya, agar anda tak tertipu saat ingin membelinya. Seperti yang pernah dilansir merdeka.com, berikut uraian singkatnya.

Tips Membedakan Batu Akik Palsu Dengan Yang Asli
  • Warna batu akik asli umumnya lebih redup dan tak seterang warna batu palsu.
  • Untuk melihat bagian dalam batu, gunakanlah senter untuk menyorot bagian dalamnya. Bila di sorot terdapat noda atau bercak, justru menandakan batu akik itu memang asli. Namun bila terlihat sebaliknya (nampak bening tanpa noda) menandakan batu tersebut palsu.
  • Cara lain yang bisa dilakukan untuk menguji keasliannya, bisa memakai handphone atau tablet berlayar sentuh (touchsreen). Batu akik asli umumnya mampu menggeser atau merubah tampilan pada layar di kedua jenis gadget tersebut.
  • Yang namanya batu masakan tentunya bakal tak sekuat dengan batu asli yang berasal dari alam. Batu akik asli akan lebih kuat bahkan tak akan pecah atau lumer, ketika batu di banting dan di bakar.
  • Selain itu bila batu di goreskan kekaca kemudian meninggalkan goresan, menandakan batu akik tersebut asli.

Untuk lebih membuat anda yakin saat ingin membeli batu akik asli sebaiknya, minta ditemani oleh orang yang memang cukup faham tentang batu mulia. Selain itu anda pun dapat mengunjungi laboraturium Jakarta Gems Center (JGC) lantai 2, yang berlokasi di kawasan Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur. Di tempat ini nantinya anda dapat mengetahui keaslian batu akik yang anda akan beli.

3 komentar:

  1. Widihh lama nggak ngunjungin blog mbak, tau-tau nemu cara membedain batu akik palsu sama asli, kebetulan banget lagi ikutan deman batu hehe

    ReplyDelete
  2. Better beli di toko emas berbanding yang menjual di tepi jalan

    ReplyDelete
  3. bagi yang demam batu patut lah membaca artikel ini biar tau ciri-cirinya batu akik yang palsu dan yang asli ya mba :)

    ReplyDelete

Custom Search