Telitilah Sebelum Membeli Beras, awas Beras Palsu

Telitilah Sebelum Membeli Beras, awas Beras Palsu. Peredaran beras palsu berbahan limbah plastik di Bekasi Jawa Barat, membuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI langsung melakukan serangkaian investigasi. 

Kabarnya, lembaga inipun telah membentuk dan menerjukan Tim khusus untuk mendapatkan sample beras palsu. YLKI juga menduga beras palsu tersebut diedarkan dalam bentuk curah (literan) bukan dalam kemasan, lalu dicampur dengan beras asli sebelum nantinya di pasarkan ke konsumen.

Telitilah Sebelum Membeli Beras, awas Beras Palsu
YLKI berasunsi beredarnya beras palsu itu menunjukan  pemerintah kurang begitu serius mengawasi bahan pangan yang beredar di pasar. 
Larangan peredaran beras palsu
Dan terkait dengan hebohnya peredaran beras palsu tadi, kementerian pertanian berkoordinasi dengan kementerian perdagangan untuk melarang dan menarik beras palsu tersebut dari para pedagang.

Kenali Ciri-ciri beras palsu berbahan limbah plastik
Bila dilihat secara sekilas beras yang diduga berbahan limbah plastik ini memang sama persis dengan beras asli. Namun ketika saat di cuci dan dimasak barulah akan terlihat kepalsuan dari beras itu. Adapun ciri-cirinya meliputi
  • Beras akan mengambang saat dicuci
  • Tidak cepat lunak (lembek) dibanding beras asli saat dimasak
  • Nasi yang berasal dari beras palsu mudah rusak
  • Rasanya tawar dan terasa aneh di lidah
Melihat dari kasus ini, setidaknya kita sebagai konsumen memang di tuntut agar lebih jeli dan berhati-hati saat ingin membeli beras, agar tidak tertipu mendapatkan beras hasil oplosan.