Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas

Buah-buahan memang termasuk salah satu dalam daftar  makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Sama halnya dengan sayur-sayuran, buah juga kerap menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu diyakini pula serat dapat berfungsi juga untuk mengikat kolesterol jahat, sehingga nantinya kolesterol tadi tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Dari macam jenisnya, banyak sekali variant buah yang dapat kita piih untuk dikonsumsi, baik itu untuk campuran salad, rujak buah ataupun untuk di buat menjadi sebuah jus. Intinya dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa mendapat manfaat terutama untuk kesehatan kita.

Nah, terkait dengan pembuatan jus seperti contoh di atas terkadang kita kerap terbentur oleh minimnya waktu, peralatan (juicer) yang tak memadai dan ingin lebih praktis dalam penyajiannya. Dan mengingat dipasaran banyak sekali beredar dan di jual puluhan macam merk minuman jenis jus ini, membuat kita juga berkeinginan membeli produk siap minum tersebut.

Namun untuk mendapatkan jus yang sesuai dengan apa yang kita harapkan, memang kadang dirasa susah susah gampang. Mungkin karena banyaknya produk pilihan yang di tawarkan. Untuk itu di kesempatan ini, penulis kembali berbagi tips sederhana seputar hal dalam memilih jus betkualitas baik. Besar harapan, semoga dapat bermanfaat disaat anda hendak ingin mencobanya. Dan berikut uraiannya.

Expired date (masa kadaluarsa)
Sama halnya saat ingin membeli produk lain, masalah expired memang menjadi prioritas utama. Pilihlah produk yang usia kadaluarsanya masih terbilang jauh.

Memilih jus menurut jenisnya
Umumnya jus yang dijual dipasaran terdapat dua jenis. Ada yang memang khusus penempatannya harus di tempat pada suhu tertentu (dingin) dan jenis jus ini tergolong kategori jus segar (fresh) dan harap diperhatikan jus ini hanya memiliki waktu kadarluarsa tidak lebih dari dua bulan . Sedangkan untuk jenis yang satunya lagi jus yang tidak memerlukan suhu tertentu. Dan biasanya jus jenis ini tempatnya berdampingan dengan area display minuman lain seperti minuman bersoda, aneka sirup dan "air mineral berkemasan"

Kemasan tidak kembung atau menggelembung
Hal penting lainya yang dapat kita perhatikan, ialah dengan melihat fisik kemasannya. Hindari dan jangan pilih produk yang kemasannya  terlihat kembung meski masa kadarluarsanya tergolong masih lama. Karena hal ini bisa berakibat mempengaruhi perubahan cita rasa bahkan sudah tidak lagi layak untuk di konsumsi, alias produk rusak.
Umumnya produk jus yang rentang kembung ini untuk jenis jus segar (fresh). Yang salah satu penyebabnya karena salah penanganan, dan pengaruh perubahan suhu. (Baca juga 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Produk Kemasan)

Cara Terbaik Memilih Jus Berkualitas
produk jus segar (fresh)

Perhatikan ampas dari jus dibagian paling bawah kemasan
Hal ini erat kaitannya pada point kedua, dimana untuk dapat mempraktekannya kita hanya bisa lakukan dengan produk yang berkemasan botol plastik yang (transparan). Dan umumnya kemasan ini banyak terdapat pada jenis produk jus segar atau fresh saja. Coba anda ambil dua buah produk merek berbeda. Kemudian kocok lalu tunggu beberapa saat, sampai ampas jus benar mengendap di bagian bawah botolnya. Bila ditemui kandungan ampasnya terlihat banyak menandakan produk jus tersebut berkualitas baik. Namun bila anda menemukan produk dengan kondisi sebaliknya, menandakan jus tersebut hanya banyak mengandung air dan bahan perasa buah saja. Selamat ber - jus ria dan selamat berbelanja. *susi)

26 komentar:

  1. ada tambahan satu lagi mbk, bila perlu dicicipin dulu. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha koq bisa jus dicicipin dulu Mas Bud..? aneh yoo..?
      Saya suka jus Jambu merah pesen deh Mbak Susi 2 gelas
      Nyo kita bersulang. Mas Bud jangan ngiri yah..? hhhh :D

      Delete
    2. itu moto-moto di supermarket emangnya ngga di omelin sama yang punyanya ya?..:D
      ah...kayanya mbak susi yang punyanya kan

      Delete
    3. moto nya pake kamera rahasia kyknya tuh ,,,,,hahahaha

      Delete
    4. Kalau yang di Pontianak sedang rame ramenya JUS BUAH NAGA. HEihiehiehiee. Saya sendiri belum pernah coba JUS Buah Naga tersebut. Dari warnanya aja kemerahan gitu

      Delete
    5. ikut bersulang dong mas saud,masak gak bagi2

      Delete
  2. Kalau masalah juice buah memang harus jeli ya mbas dalam memilih produk, karena sebuah kulaitas akan menentukan hasil yang bisa dirasakan langsung dari tubuh kita.

    Salam

    ReplyDelete
  3. Mbak Susi pandai sekali ya Milih Jus yang terbaik untuk minuman
    Yang sehat dan nikmat, boleh saya pilihan Mbak..? makasih nih
    atas tips bermanfaat nya. salam apa ya..? segalanya deh hh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam hangat saja mas saud ,,,,, :D

      Delete
  4. bagus inih mba susi buat todong swalayannya..ya lumayan buat takut2in..syapatau dapat gratisan..hehehe sekaligus buat efek jera buat swalyan yg menjual produk yg tidak layak komsumsi..! Mesti disidak inih..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya terima laporan tertulisnya kang, hari senin besok saya akan sidak ke swalayan itu....kalm-lah yah

      Delete
  5. oh ,,,,, skrg aye mngerti ,,,, hehehe
    tapi klo sy pngen minum juz, mndng lngsung ke tempat yg buat juz langsung depan mata ,,,,hehehehe

    ReplyDelete
  6. banyak varian jus beredar dipasaran, memang mesti selektif
    terimakasih mba, jadi bahan pertimbangan jika membeli jus

    ReplyDelete
  7. Konon juga, kemasan kaleng/plastik yang menggembung juga karena reaksi kimia bakteri patogen sebagai dampak proses fermentasi, mbak...

    ReplyDelete
  8. bagus sekali perkongsiannya...tapi kalau rajin buat jus sendiri lagi enak...

    ReplyDelete
  9. kalau saya lihat kehalal-annya mbak, hehehe

    ReplyDelete
  10. makasih infonya ya... kalo beli jus kemasan, akan saya praktekan, apakah ada ampasnya atau tidak

    ReplyDelete
  11. wah saya ngak pernah lho beli just pasaran begitu

    ReplyDelete
  12. makasih mbak infonya.. kalau saya sih sudah lihat kesemuanya mbak...

    ReplyDelete
  13. waahhh terim akasiihn nih mbak atas tips memilih jus berkualitasnya hmmm mantaff dahhh

    ReplyDelete
  14. wah kalau saya mah biasanya ngelihat jus yg cocok lalu langsung comot mbak.padahal kesalahan fatal nih

    ReplyDelete
  15. Thanks infonya, untung yang saya minum masih sama keadaannya seperti yang mbak tulis...

    ReplyDelete
  16. wah ini dia minuman kesukaan keluarga... :)

    ReplyDelete
  17. selamat malam Mba, saya juga termasuk orang yang suka Minum Jus, sepertinya akan menjadi pertimbangan dari semua Tipsnya ketika nantinya saya mau beli Jus...

    ReplyDelete
  18. Salam kenal Mbak Susi. kunjungan Perdana..
    Info dan tips bermanfaat memilih jus yg berkualitas ya Mbak?
    Makasih atas sharenya. oh iya ijin follow blognya ya Mbak Susi :)

    ReplyDelete
  19. memang benar ada jus yang ada ampasnya dan yang tidak, tapi kalau saya lebih banyak bikin sendiri di rumah supaya lebih terjamin kesegarannya :)

    ReplyDelete

Custom Search