-->
  • Jelajahi

    Copyright © Pengetahuan Produk | Katalog Alfamart, Indomaret, Sophie Paris, Tupperware, Oriflame, dll
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Batas Waktu Penarikan Produk Kadaluwarsa

    Pengetahuan Produk
    10/14/14, 04:58 WIB Last Updated 2015-02-07T15:31:28Z
    Umumnya semua jenis produk yang banyak beredar selalunya mencantumkan kode seperti best before (baik digunakan sebelum) Use by (gunakan sebelum) dan tanggal pengemasan (pack date). Yang dari istilah itu semua kita lebih sering mengaitkan dan menyebutkannya dengan istilah masa kadaluwarsa. Dan memang ada pengecualian saat kita hendak membeli produk semisal aneka buah-buahan, sayuran, daging dan produk fresh lainya. karena produk ini hanya sekedar mencatumkan tanggal pengepakannya saja, baik itu yang berasal dari pihak produsen langsung atau pun dari pihak penjualnya. Dan mengenai batas waktu masa kadaluwarsanya tak lebih dari tiga hari, itupun kita masih harus memperhatikan kembali kondisi kualitas produknya (seperti tidak berjamur, berubah warna, tercium aroma tak sedap ataupun mengeluarkan cairan dalam kemasannya) Baca juga Jenis Produk Kemasan Berkadaluwarsa Pendek

    Sebenarnya expire date yang tertulis pada tiap kemasan bertujuan sebagai penanda, kalau sebuah produk yang sudah akan masuk waktunya memang tidak boleh diperjual belikan dan tak layak konsumsi. Terlebih untuk produk obat obatan juga produk makanan dan minuman untuk bayi.

    Batas Waktu Penarikan Produk Kadaluwarsa
    Sejumlah jenis barang kebutuhan saat belanja

    Sementara dari pihak penjual seperti swalayan, jarak tiga hingga dua bulan sebelum masuk expire, biasanya langsung menarik barang dagangannya. Kalau pun ada dan masih dijual umumnya produk tersebut diberikan diskon separuh harga atau dapat juga diobral "beli satu gratis satu" (yang saat ini tengah populer) Dan disinilah pintar-pintar kita sebagai konsumen, jikalau memang barang tersebut sedianya untuk dimasak, seperti minyak goreng, mie instan dan produk lain yg sejenis. Saya rasa masih tergolong aman, boleh lah untuk sesekali saja. Namun kembali disarankan, agar lebih dirasa aman dan nyaman lagi, memang idealnya pilihlah produk yg masih tergolong jauh dari waktu kadaluwarsanya. Karena kesehatan diri dan keluarga anda, sangatlah mahal harganya. *susi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    FoodBevereges

    +