Info seputar produk, tips dan gaya hidup

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Produk Kemasan

Sebagai konsumen sudah saatnya kita dituntut untuk pandai, selalu cermat serta teliti ketika saat memilih dan ingin membeli barang-barang belanjaan. Terutama dengan "produk berkemasan" yang tengah kita butuhkan. Dan pastinya kita kecewa saat pas kedapatan produk yang telah kita bayar, tak sesuai dengan apa yang di harapkan. Mungkin karena faktor di buru oleh waktu, tergiur harga murah atau pun hal lainnya yang kurang mendapat perhatian dan kehati-hatian.
Meskipun dari pihak penjualnya sendiri , seperti super, hyper sampai ke mini market sekalipun telah melakukan sortir ketat untuk semua produk kemasan yang di jualnya. Namun yang namanya soal human eror pastinya pun tak luput dan bisa terjadi. Terlebih karena melihat jumlah dari keseluruhan barang yang berada di sana itu bisa mencapai ratusan bahkan ribuan jumlah itemnya.

Oleh karenanya agar barang atau produk yang kita ingin beli nantinya berkualitas baik dan tak mengecewakan. Kembali di kesempatan ini, penulis membagi tips yang terbilang sederhana. Dan hal seperti apa sajakah yang perlu di perhatikan. Berikut uraiannya.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Produk Kemasan

Masa Kadaluarsa
Umumnya produk kemasan  tidak hanya tertera pada jenis makanan ataupun minuman saja, melainkan terdapat pula pada jenis produk lainnya seperti  Healt Care  atau (produk kosmetik) juga memiliki masa kadaluarsa. Dan dalam hal memilihnya,  pililah yang masih jauh tanggalnya. Andai kata kebetulan anda tidak menemukan dan tercantum expired date  di kemasannya, sedang anda membutuhkan barang tersebut. Bisa segera menanyakan hal itu kepada salah satu petugasnya di sana. Dan bila ternyata memang tidak ditemukan, saya sarankan  lebih baik untuk memilih variant atau merek lainnya saja.

Tercantumnya Label Halal
Mengingat warga atau masyarakat kita yang mayoritas muslim, label halal yang dikeluarkan oleh MUI dan menempel pada bungkus kemasannya memang mutlak serta tak bisa di tawar lagi. Pasalnya sudah jelas, untuk meyakinkan bahwa produk kemasan tersebut memang benar 100% berbahan dari yang di halalkan.

Tertera Kode BPOM
Biasanya ada dua jenis kode sertifikasi dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) untuk produk lokal sendiri bertuliskan MD 99.... (di ikuti beberapa digit angka di belakangnya, sedangkan untuk produk luar atau import  berkodekan ML 99.. Semua produk kemasan yang ada tertera kode ini dinyatakan telah lulus uji pengecekan.

Tidak cacat kemasan
Point yang terakhir ini juga termasuk dari salah satu bagian penting lainnya. Dan dalam hal ini hindari dan jangan memilih produk yang terdapat cacat pada kemasannya. Seperti produk harus masih dalam keadaan tersegel, tidak penyok atau rusak, tidak berdebu, tidak berkarat ( khusus untuk produk kalengan). Dan dari yang sudah di sebutkan itu semua, demi tercapainya kepuasan anda saat membelinya. Selamat Belanja. *susi)

18 komentar:

  1. wah saya sering sembarangan, asal comot aja mbk kalau beli sesuatu dalam kemasan. hasilnya ya gitu deh, terkadang ada yang udah kedaluarsa dan lain sebagainya. makasih ya tipnya dengan gini saya bisa lebih hati-hati..

    ReplyDelete
  2. 4 poin di atas sangat penting untuk selalu diperhatikan ya mbak, kalo saya paling yang biasa saya cek masa kadaluarsanya, sementara untuk yang laen kadang masih kurang jeli juga sih, makasi ya atas sharingnya :)

    ReplyDelete
  3. aku paling teliti kalo cek masa kadaluarsa dan keutuhan kemasan, tapi kalo bp pom jarang diperhatiin nih, terutama produk tradisiona, padahal izin keluar produk dari lembaga ini ya mba,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak karena selain dari ke empat yg udah di sebutkan, pemberian kode dari BPOM ini juga jd buat lebih afdol saat kita membeli satu buah produk hehe

      Delete
  4. wah.. kalau aku kadang cuma cek tanggal kadaluarsanya aja mbak... makasih infonya

    ReplyDelete
  5. saya mesti akan tengok yang ada tanda halal baru beli

    ReplyDelete
  6. Padahal hal yang sepele mengecek tanggal kadaluarsa suatu produk.
    Tetapi dampaknya bagi kesehatan sangat besar pengaruhnya.

    Terima kasih telah mengingatkan Mbak Susi

    ReplyDelete
  7. semua itu emang penting banget Mbak, karena sebagai konsumen kita harus cerdas memilih produk. jangan asal beli tanpa memperhatikan hal-hal yang penting kayak gini.

    ReplyDelete
  8. diliat harganya mura atau mahal, kali aja lg ada diskon ,,,, :D

    ReplyDelete
  9. Hemm Betul sekali ni Setujaa" Setuju maksudnya akan tetapi saya lebih memperhatikan isi kantong saya apalagi tanggalnya tua mbak

    ReplyDelete
  10. wah harus hati-hati nih agar kita tidak beli produk yang sudah kadaluarsa ya kak :)

    ReplyDelete
  11. saya jarang lihat sedetil itu hehehehe wah sepertinya mulai sekarang musti hati hati nih

    ReplyDelete
  12. saya jarang lihat sedetil itu hehehehe wah sepertinya mulai sekarang musti hati hati nih

    ReplyDelete
  13. saya tambahin dikit mbak,,, tempat barang yang dibeli harus dipeerhatikan juga donk, kalau misalnya barang tersebut tidak bisa terkena sinar matahari langsung, tapi ke 4 point di atas terpenuhi, tentunya gag baik juga kan? =D

    ReplyDelete

Custom Search