Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Tips Memilih Buah Manggis Berkualitas

Ingat waktu masih kecil dulu, buah ini biasanya kerap di jadikan sebagai bahan untuk tebak-tebakan, dan selebihnya baru kemudian di makan. Namun untuk saat ini sepertinya buah manggis sangat populer akan keberadaannya. Karena mengingat buah yang khas berwarna kecoklatan ini banyak mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.
Terlebih saat masuk musimnya seperti sekarang ini, buah manggis banyak terpajang di area display penjualan. Baik di pasar, supermarket bahkan di pinggiran jalan. Namun untuk mendapatkan buah manggis yang berkualitas baik lagi manis rasanya. Di perlukan sedikit cara dan pengetahuan agar bisa mendapatkannya. Seperti apa sajakah tips atau caranya, berikut uraian sederhananya:

Tips Memilih Buah Manggis Berkualitas

Warna
Pilihlah warna kulit buahnya nampak terlihat coklat gelap atau agak kehitaman. Hal ini menandakan tingkat kematangan manggis telah sempurna. Sangat berbeda bila di bandingkan dengan buah yang memiliki warna masih agak kemerahan. Karena buah dengan warna seperti itu Cendrung masih setengah matang.

Tekstur
Ketika saat kita tekan bagian dinding buahnya terasa empuk dan kenyal bisa di pastikan daging buah dalam kondisi baik dan segar. Serta hindari memilih fisik buah dengan kondisi sebaliknya. Karena, jngankan mampu di belah dengan menggunakan tangan karena sangking kerasnya tadi di bantingkan ke lantai pun tidak akan pecah apalagi sampai terbelah.

Tangkai buah
Cara lain yang bisa di lakukan ialah dengan cara memperhatikan kondisi pada bagian tangkainya, pilihlah yang masih berwarna kehijauan. Karena alasannya jika tangkai buahnya telah berubah kecoklatan, maka dampaknya kulit buah pun akan nampak keras lagi mengering. Dan berimbas daging didalamnya pun akan berwarna kekuningan bahkan kecoklatan.

Ukuran
Dalam memilih sangat disarankan buah yang berukuran sedang. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar, karena memang umumnya buah manggis berukuran besar daging buahnya lebih sedikit ketimbang dari biji buahnya. *susi)

22 komentar:

  1. dulu waktu sy kecil kn nggk tw tips2 diatas nih, jadi klo beli manggis sy liat itu yg ada dibawah manggis kn ada kya belahan2 kecil, klo belahannya ada 5 brrti didalamnya juga isinya lima, dan sy cari yg isinya banyak ya dilihat dri situ ,,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum di makan ..di pake buat tebak2an dulu ya mas hehe

      Delete
    2. iya buat tebak2n dulu, hehehe yg bener dikasi lg isi manggisnya ...hehe

      Delete
  2. nah ini dia, artikel ini cocok banget buat saya.. trim s. mbak ku cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng berbagi kok mbak..
      Ealah... mbak ...cantik dari Hongkong hehe

      Delete
  3. kalau diambil drpd pokoknya tentu xrisau fikirkan kesegarannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak..kurang lebihnya seperti itu :)

      Delete
  4. saya suka sekali buah manggis karna rasanya yang segar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain seger khasiat dan manfaatnya bagus buat kesehatan ya mbak:)

      Delete
  5. Saya jadi pingin makan manggis mbak.. terbayang segernya.. yymmmm..

    ReplyDelete
  6. buah manggis kaya akan antioksidan

    ReplyDelete
  7. wah saya malah baru tau klo buah manggis yang besar dagingnya malah dikit. berarti besar bijinya ya mbak..?

    ReplyDelete
  8. Karena ini Kunjungan Perdana saya maka saya minta izin dulu ya Mba untuk Follow Blognya, Jika berkenan untuk Follback tentunya saya sangat berterimakasih Mba... terimakasih atas Tipsnya, saya siap Praktekkan kalau ke pasar beli buah manggis...

    ReplyDelete
  9. yupp buah yang satu ini adalah buah yang biasa dimaenkan bukan hanya anak-anak malahan ditempat saya dulu ( Jakarta ) yang memaenkan adalah orang dewasa,dijadikan alat judi dengan cara menebak jumlah isinya,,,,
    Buah mangis selain manis rasanya ternyata banyak kasiatnya,luarbiasa...
    nice post mbak....

    ReplyDelete
  10. Wah jadi ingat extracknya nie, hahahahhaha

    ReplyDelete
  11. wah manfaat sekali tipsnya nih, tak terapin kalo nanti beli manggis

    ReplyDelete
  12. makasih mba tipsnya, kadang2 dapet yang dalmnya warna kuning, pait banget tuh

    ReplyDelete
  13. tips memilih manggis
    memang terasa manis
    disini tertulis

    ReplyDelete
  14. buah manggis selain rasanya enak, kulit manggisnya juga bisa buat obat alternatif..nice share mbak..

    ReplyDelete
  15. Hey hey hej...I'm on the road to wish you all the luck...
    http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/

    ReplyDelete

Custom Search