Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Jamur Enoki (Jamur Tauge)

Jamur Enoki (Jamur Tauge). Dari banyaknya ragam dan jenis jamur yang dapat dikonsumsi, kerap memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri ditiap masing variantnya. Baik itu dari segi rasa, warna dan juga tampilan fisik dari tanaman yang suka tumbuh didaerah lembab ini.
Seperti halnya dengan jenis jamur yang memiliki nama latin flammunila velutipes atau Enokitake (bahasa Jepang) yang berarti jamur enoki.

Sementara, untuk dinegeri kita sendiri (Indonesia) jamur ini kerap  dikenal dengan sebutannya yakni si jamur tauge. Mungkin bisa jadi hal ini dikarenakan atau secara kebetulan,  bentuk fisiknya yang hampir sama menyerupai tauge.

Bila, dilihat dari posturnya memang jamur ini memiliki akar,  bentuk batang memanjang, bertudung (kepala) kecil berwarna putih hampir menyerupai tauge. Namun bedanya tangkai jamur enoki memiliki ukuran lebih panjang sekitar 15 cm.

Jamur Enoki (Jamur Tauge)
jamur enokidake asal korea yang di jual di salah satu pasar swalayan di Jakarta

Dan umumnya, disejumlah supermarket (swalayan) di Jakarta, jamur enoki yang mereka jual berasal dari produk Jepang dan Korea. Adapun jamurnya sudah terbungkus dalam kemasan berukuran 100 gram sedangkan buat harganya sendiri jatuh dikisaran Rp 5-6 ribuan untuk per tiap packnya.

16 komentar:

  1. baru denger namanya Mba Jamur Tauge ini, mungkin karena bentuk mirip touge yah dinamakan Jamur Tauge, di Karawang udah ada blm yah, ntar mau nyari ah, kali aja sudah ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh Mas Eka aja baru tau dengan jamur enok ini
      Banyak Mas di subang mah.. namun belum ada di warung warung mah

      Delete
    2. di tempat mas saud adanya jemuran ;D

      Delete
    3. hihi mas wong toh yang sering nyolong jemuran..

      Delete
  2. Pernah lihat saya Mbak Susi Jamur enoki ini di swalayan waktu itu. tapi saya belum pernah beli, dan belum coba makan. Naah disini baru tahu namanya. kapan kapan mau coba nih kalau ke swalayan lagi. makasih info nya Mbak Susi

    ReplyDelete
  3. Nambah pengetahuan soal jamur dan nama latinnya. Nama jepangnya lebih populer ketimbang latinnya ya mbak? ..

    ReplyDelete
  4. waw,, tampilan & domain baru nih. selamat ya mbk.
    kalau saya nyarinya jamur di ladang mbk. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan jamur di badan saja ya mas :)

      Delete
    2. kalo saya jamur sukanya disayur sama sambel cabe..

      Delete
  5. Baru tahu ni tentang jamur Enoki (Jamur Tauge)

    ReplyDelete
  6. buat saya sih yg namanya jamur itu lebih enak dari pada ayam, mantabbb, mau dong jamur touge nya ...

    ReplyDelete
  7. ini saya yang kurang informasi apa memang jamur tauge ini yang masih baru, soalnya saya baru tahu...

    ReplyDelete
  8. Supermarket yang dimaksud apa aja mbak?

    Kebetulan sekarang lagi di Jakarta.

    ReplyDelete
  9. Yang aku tahu jamur itu cuma jamur yang putih aja seperti jamur payung hehe

    ReplyDelete

Custom Search