Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan. Menghadapi tingkah dan perilaku anak saat susah makan memang merupakan satu masalah yang kerap dihadapi oleh  para orang tua, terutama kaum ibu. Dan terkadang sulit juga untuk mengetahui atau menebak  penyebab dari dirinya sampai menolak dan malas untuk diajak makan.

Meski demikian, bukan berarti seorang ibu lalu pusing terlebih pasrah dengan keadaan. Karena sesulit apa pun kondisinya, yang pasti tidak ada kata "tak bisa" untuk membuatkan sesuatu yang disenangi oleh anaknya (asalkan punya motivasi kuat hingga berhasil menemukan solusinya) baca juga Hal Yang Perlu Diperhatikan, Saat Balita Belajar Makan Sendiri
Dan untuk memotivasi agar si anak berselera makan, sebenarnya ada kunci dan jurusnya. Yang, salah satunya anak lebih cenderung bergairah bila suasana makan dianggapnya serasa nyama.

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan
ilustrasi picture from google

Sedangkan untuk dapat menciptakan suasana menyenangkan seperti yang dimaksudkan. Memang ada beberapa hal yang para ibu mesti perhatikan. Seperti apa dan bagaimana penerapannya, berikut uraiannya.

  • Ajakan pada saat makan hendaknya disampaikan dengan rasa penuh kasih sayang. Lebih afdol lagi bila disertakan dengan pemberian sedikit pemahaman soal arti dan pentingnya makanan untuk dirinya (mengingat perkembangan anak-anak sekarang sudah mampu berimajinasi atau cepat menangkap apa yang dikatakan oleh ibunya)
  • Tambahkan lewat hal lain yang lebih meneyenagkan, seperti nyambi menonton film yang disukai atau bisa dengan bermain.Yang penting, dilakukannya sambil duduk dan selalu diajak berkomunikasi sesuai dengan usia sianak.
  • Anak yang nampak murung dan kesepian lah yang umumnya susah makan. Untuk itu diperlukan teman bermain agar dapat memberi sugesti gairah makan mereka dapat meningkat, selain itu pula hal ini membuat suasana saat makan tadi sesuai dengan apa yang di inginkan (bisa dari kakanya atau bersama temen seumurannya)

25 komentar:

  1. Makasih tipnya Mbak...
    Saya pelajari buat bekal nanti kalo sudah punya anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Kang Heri mungkin belum punya Baby, jadi Akang lebih mengurus diri sendiri dulu ingat waktu makan, waktu bobo, waktu main jangan nakala ya Kang Heri biar nanti banyak temenya kalau gak nakal mah hheheh :D

      Delete
  2. Jangankan anak-anak mbak, aku juga masih sering susah makan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jangan dong, nanti kalau Ai Wida sakit gimana, kan nanti jadi repot sendiri. Hehehehe :D

      Delete
    2. ah jangan gitu,, entar kamu sakit wkwkwk

      Delete
  3. selain seperti tips diatas tadi, mungkin kita bisa berkreasi untuk menciptakan kids meals yang digemari si anak,seperti makanan dibentuk menyerupai hewan dan lain sebagainya,, cara ini juga sangat ampuh untuk merangsang anak agar mau makan,,,,

    ReplyDelete
  4. Terkadang saya juga suka kewalahan nih mbak susi kalau pas anak saya malas untuk makan, tapi yang dengan segala cara saya rayu. dan tips Mbak Susi boleh juga buat tambahan tips agar anak lebih teransang nafsu Makanya. makasih tips nya Mbak :)

    ReplyDelete
  5. satu hal yang udah jadi kebiasaan, pulang kerja,bahkan saat masih kuli, saat jam makan, pasti yang tak tanyain bukan soal masih ada uang belanja atau udah ludes, tapi "udah pada makan belom anak-anak.
    ngga mau tau anak-anak susah makan atau ngga...berdosalah saya sama ibue' sebab suka ngomel kalau jam makan anak-anak belum di ingetin makan sama ibue'...maafkan ayah ya sayang.

    ReplyDelete
  6. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi...

    benar mbak, ajakan penuh kasih sayang akan membuat anak kita minat untuk makan. Tambahkan lagi dengan cadaannya, pasti menyukakan anak-anak.

    Alhamdulillah, saya tidak menghadapi masalah anak yang susah makan kerana semua anak saya suka dan kuat makan. Apa sahaja masakan saya, disukai dan dihabiskan.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD.

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat keponakan saya mbak susi. Kalau di suruh makan, susahnya minta ampun... hadehhh

    ReplyDelete
  8. keponakan saya lagi susah makan mba, trims infonya :)

    ReplyDelete
  9. selamat pagi menjelang siang mba susi, dihari yang cerah ini tips terhadap anaknya sangat bermanfaat, nanti akan saya terapkan kepada anak saya, semoga dengan adanya tips dari mba susi ini anak saya jadi bisa makan banyak.. selamat beraktifitas mba terima kasih yaa hehe..

    ReplyDelete
  10. anak saya juga susahnya minta ampun kalau disuruh makan. dipaksa juga nggak mau. maunya jajan terus .....

    ReplyDelete
  11. Kalau saya sih ga perlu disuruh, kalo udah laper juga makan sendiri hehehe.

    ReplyDelete
  12. kalau belum berjalan, senang nak beri makan, tapi bila dah 'dapat kaki'...eeee tu la yang pening kepala bla nak beri makan ;-)

    ReplyDelete
  13. faktor menu makanan gak pengaruh juga ya mba kalau anak susah makan

    ReplyDelete
  14. .. bukan anak aja yg susah makan,, bahkan yg dewasa pun juga begitu,, trz itu tergantung dari makanan nya juga loch. he..86x ..

    ReplyDelete
  15. kalo saya sihh lebih suka yang makan sambil main/Nonton tv mbak soalnya itu yang paling ampuh menurut saya dalam mengahadapi anak yang susah makan ini :D

    ReplyDelete
  16. kalau menurut saya jika memberi makan pada anak sambil main, anak cenderung lebih fokus pada mainannya, asupan pertama, kedua, dan ketiga si anak masih mau makan tapi setelah itu si anak akan enggan untuk menghabiskan makanannya..
    kalau di keluarga saya, ada 2 anak, saya selalu menyertakan anak-anak saya untuk makan bersama dan alhamdulillah selama ini sangat doyan makan

    ReplyDelete
  17. biasanya kalau adik saya susah makan, saya ajak makan sambil nonton tv mbak

    ReplyDelete
  18. biasanya kalau susah makan saya ajak naik odong2

    ReplyDelete
  19. kalau udah punya anak pasti suatau saat ngalamin hal kayak gini,,, kudu pinter2 ngebujuknya, lagaian anak tuh harus displin dari sejak kecil, termasuk displin untuk makan

    ReplyDelete
  20. setuju banget, seorang parent pasti mengalaminya,, tips2 seperti ini yg dibutuhkan.. kunjungan perdana mba, salam kenal

    ReplyDelete

Custom Search