Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Hal Penting Dalam Memilih Mainan Anak

Hal Penting Dalam Memilih Mainan AnakHal Penting Dalam Memilih Mainan Anak. Ketika si kecil mulai tumbuh dan berkembang, keberadaan sebuah mainan memang tak lepas dari aktifitas kesehariannya. Bahkan untuk memaksimalkan pengenalan sesuatu yang baru pada si kecil, orang tua kerap menggunakan mainan sebagai media alat bantunya.
Dan lewat cara menerapkannya sambil bermain, apa yang di ajarkan atau di sampaikan nantinya, di pecaya akan kerasa lebih mudah di serap olehnya.
Selain itu sebuah mainan merupakan salah satu alat yang dapat di gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan sekaligus perkembangan anak. Namun perlu di ingat, peranan kita sebagai orang tua memanglah  harus bijak dalam memilih jenis mainan yang tepat, lagi aman. Baca juga Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Dan berikut ini, hal-hal yang perlu di perhatikan saat memilihkan mainan untuk si kecil, terutama buat bayi usia kisaran 9-12 bulan.

Tips Aman Memilih Mainan Anak
  • Pilihlah mainan berwarna terang dan mencolok, namun begitu hindari jangan yang mudah luntur, karena banyak kemungkinannya mainan tadi akan sering di gigit olenya.
  • Mainan harus tidak ada pengaitnya seperti bahan  atau komponen yang tajam dan membahayakan.
  • Cek dan pastikan kembali kalau mainan tadi tidak mengandung bagian-bagian kecil yang dapat di pisah (terlepas). Hal ini di maksudkan untuk menghindari mainan tersebut tertelan. Karena umumnya di fase usia ini, si kecil cenderung memasukan apa saja ke dalam mulutnya (untuk mengenali dunia sekitarnya)
  • Mainan di sarankan bisa mengeluarkan bunyi, karena memang umumnya bayi senang dan sangat respon dengan mainan yang dapat mengeluarkan suara.
  • Selain itu hal yang penting lainnya ialah, mainan tidak menggunakan cat dan mengandung pewarna yang sekiranya beracun.
Dan yang terakhir, mainan hendaknya terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, ketika saat terlempar atau pun terjatuh. Demikian, Semoga bermanfaat.

43 komentar:

  1. Salam malam Mbak Susi, seperti banyak orang menganggap memilih mainanan untuk anak itu hal yang sepele ya Mbak. tapi sepertinya betul yang Mbak tulis di post ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes dapat yang lebih awal dari pertamax nya Mas Yanto deh.
      Salam ceria dalam mengasuh buah hati ya Mbak Susi :)

      Delete
    2. yang aman harganya mahal, tidak terjangkau.

      Delete
    3. jaman dulu mainnya tanah liat, aman alami

      Delete
    4. masalahnya kalo dari tanah liat itu cpet ancur mas beda dengan yang plastik

      Delete
    5. anak sekarang mainanya sudah gak bisa di atur lagi masih kecil aja pengenya maianan perang, naik mobil fuso kan itu maianan orang dewasa iya gak sob..?

      Delete
    6. ini malah kereta api..gimana hayo

      Delete
    7. hahahahaha para bapak-bapak malah pada nerumpi di sini :D

      Delete
  2. Saya point banget dengan memilih main untuk anak yang berbentuk tajam. karena saya trauma anak saya terkena pisau pisau an plastik sih cuma agak tajam, makasih atas infonya Mbak Susi -- greetings mannered and cheerful

    ReplyDelete
  3. klo maenan yg cocom buat sy apa nih mbk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang cocok buat Mas Fiu maenan petak umpet aja yuk...
      kalo gak maen congklak ato maen bentengan pasti seru tuh :D

      Delete
  4. tapi dipasaran umumnya mainan anak mengandung bahan berbahaya. terus gimana ini ? kalau tidak beli, anak yang rewel memaksa untuk beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa buat buat anak sendiri coba coba sih :)

      Delete
  5. Anak kecil sekarang sudah tahu mainan handphone gak yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah banyak banget kayaknya mas, apalagi sekarang HPnya suka banyak gamenya tuh :)

      Delete
  6. anak saya udah mulai beranjak gede, maenannya juga mulai milih yang serba canggih dan mahal, akibatnya sering ngga kebeli, gimana kalau masalahnya demikian coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gede mana sama biaya perawatan ke salon mobil hayo :)

      Delete
  7. Informasinya cukup menarik nih mbak ... kebetulan saya baru punya anak

    ReplyDelete
  8. kayaknya yang banyak bunyinya akan meningkatkan syaraf kognitifnya ya gan. makanya bayi akan banyak merespon mainan yang berbunyi. ok makasih atas infonya

    ReplyDelete
  9. wahh harus diperhatikan dengan jeli ini tips nya agar di adik tetep sehat dan aman pda saat memainkan mainannya ehehe :)

    ReplyDelete
  10. Tipsnya sangat bermanfaat banget nie, walau anak saya mah jarang beli maenan mbak, mungkin karena anak perempuan kali ya, malah sekarang dia lebih seneng kalo saya pulang bawain buku-buku bacaan anak usia PAUD, tapi kalo sekarang sih lagi getol banget belajar Iqro... kemaren aja telpon, "bapak Icha sekarang dah iqro2 ngajinya"... Lho ko malah curhat heheee...

    ReplyDelete
  11. tipsnya keren mba... udah saya praktekin beberapa thn yg lalu :D

    ReplyDelete
  12. skarang banyak produk nggak aman buat kesehatan anak

    ReplyDelete
  13. info yang nambah pengetahuan, Mbak ... Good joB! :0

    ReplyDelete
  14. Poin ke 3 itu memang harus sangat diperhatikan sungguh-sungguh ya Mbak, takutnya jika ketelen itu yang justru malah menimbulkan maslah bagi si kecil

    ReplyDelete
  15. Makasih infonya mbak Susi... ^_^
    Berguna banget...

    ReplyDelete
  16. Boleh juga nih tipsnya meskipun aku belom nikah dan belom punya anak juga tapi buat ilmu nanti kalau aku udah nikah dan punya anak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat cadangan mbak boleh juga tuh....dan buat tips mencarikan mainan buat suami sekalian ya heee

      Delete
    2. Buat apa suami di cariin mainan mbah kan suami udah gede ini :D

      Delete
  17. permasalahannya kadang mainan yang buat numbuhin kreatifitas dan daya berpikir anak seperti dari kayu yang dirangkai itu jarang sekali ada di kalimantan. kalau ada harganyapun bisa dibilang tiga kali lipan dari wilayah di jawa.

    ReplyDelete
  18. Satu lagi, mainan anak itu kalau bisa jangan benda yang lunak seperti plastisin, lilin, crayon dan lain-lain yang sudah pasti akan dimakan dapat membahayakan

    ^^

    ReplyDelete
  19. semoga dengan tips yang diberikan bisa menjadi bahan acuan bagi orang tua bukan begitu

    ReplyDelete
  20. tips yang bermanfaat mba hehe
    terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  21. sekarang dah mudah. kalau ada lebel CE tu insya allah selamat semua permainan...

    ReplyDelete
  22. daftar hadir kembali mbak susi di post ini.. pasti mbak susi seorang ibu yang sangat memperhatikan sekali dengan anaknya terutama dengan hal mainan yang semestinya cocok untuk anaknya :)

    ReplyDelete
  23. Anak anak saya sampai sekarang masih suka mainan. Padahal sudah kelas 1 SD. Mungkin masih bawaan dari TK kali ya

    ReplyDelete
  24. setiap mainan baiknya juga ikut diawasi orang tua, terima kasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  25. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Sussi... benar mak, ibu bapa harus berhati-hati memilih dan membeli mainan ana-anak kerana mereka sangat terdedah kepada bahayanya. Bentuk dan warna mainan amat penting demi menjaga keselamatan anak-anak, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari kerana kelalaian kita. Saya biasanya memilih bentuk mainan yang besar sehingga tidak bisa dimasukkan ke dalam mulut. Tips yang bernas dan bermanfaat. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  26. anak kecil jaman sekarang sudah banyak yang pegang gadget, padahal belum cukup umur, kasihan nanti kalau sudah besar dia jadi gadgeter :)

    ReplyDelete

Custom Search