Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Nanas Merah Dan Perayaan Imlek

Tinggal menyisahkan beberapa hari lagi warga Tionghoa akan merayakan Imlek, yang mana hari perayaan tersebut jatuh pada 19 Februari mendatang. Selain identik dengan musim penghujan dan kue ranjang, perayaannya pun kerap di tandai dengan hadirnya beraneka ragam buah khas Imlek di sejumlah pedagang. Baik itu yang berada di pasar tradisional maupun di swalayan.

Dari jenis buah-buahan yang umum di gunakan saat ritual perayaan, masih di dominasi oleh buah yang berasal dari RRC, meski begitu terdapat juga brberapa jenis buah lokal dan dari asal negara lain. Adapun  jenis buah-buahan tadi di antaranya jeruk bali, serikaya, delima, sawo, dan buah nanas. Di tambah dengan melimpah ruahnya buah naga (Dragon Fruit) dan beragam jeruk mandarin.

Nanas Merah Dan Perayaan Imlek
Buah dengan nama latin Ananas Bracteatus (asli asal Argentina) ini memiliki daging berwarna putih agak kekuningan. Bila buah telah matang dapat di makan, hanya saja rasanya memang terasa asam.

Khusus untuk buah nanas merahnya sendiri, memang kerap mencuri perhatian. Karena bila melihat dari bentuk fisik dan warna buah ini nampak berbeda dari jenis nanas kebanyakan.
Kendati buah ini tergolong dalam kategori tanaman hias namun buahnya dapat di makan. Dan malah konon di sebutkan dapat berkhasiat lagi baik untuk kesehatan. Seperti salah satunya dapat menurunkan tekanan darah dan berat badan.

Terkait dengan perayaan Imlek
Semakin buah ini berwarna kemerahan dan memiliki banyak tunas (anak buah) di bagian pangkalnya, maka di anggap akan semakin tinggi pula nilai harganya. Selain itu warga Tionghoa menganggap , buah nanas merah yang telah memenuhi kriteria seperti di atas dianggap dapat membawa keberuntungan.

Sementara harga nanas merah untuk saat ini, di swalayan di jual seharga Rp. 20 Ribuan per piecesnya. Sedangkan untuk buah yang di jual dengan menggunakan atau tertanam dalam pot bisa berkisar antara Rp. 60 hingga Rp. 100 ribuan ( untuk jenis ini,umumnya banyak terdapat di pedagang tanaman hias atau di sejumlah pasar tradisional)

19 komentar:

  1. kalau diperhatikan buah nanas ini mirip mirip 'buah naga (Dragon Fruit)' yang saya tahu hubungannya dengan perayaan imlek sangat erat sekali dengan buah naga. nanas sepertinya jadi tambahan selain karna khasnya yang dapat menarik perhatian bentuknya juga mirip mirip buah naga

    ReplyDelete
  2. Selain buah naga, ternyata Buah nanas merah juga membawa keberuntungan juga toh, saya baru tau... berarti Ini bisa menjadi keuntungan bagi penjual nanas merah. soalnya imlek tinggal menunggu hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia poinnya mas, pasti bakal kebanjiran pembeli ya :)

      Delete
  3. buset mahal amat xixi, tapi sayangnya engga suka nanas.

    ReplyDelete
  4. Nanas merah terlihat indah ya.
    1sthappyfamily.com

    ReplyDelete
  5. seumur-umur belum pernah lihat buah nanas merah nih mbk, apa perlu ngintip diperayaan imlek nih. hehee

    ReplyDelete
  6. nanas merah merah gimn yah rasanya ....ham ham ...hehe

    ReplyDelete
  7. nyimak dulu gan :)
    salam blogwalking

    ReplyDelete
  8. wah buah nanas juga turut meramaikan dalam perayaan imlek ya mbak, kalo saya mah taunya biasanya warga betawi jelang perayaan imlek banyak yang bikin semur bandeng, besok aja saya mau makan-makan nie ada yang masak semur bandeng, mau?

    ReplyDelete
  9. oh,ada juga toh nanas merah.. setau saya nanas warnanya kuning mbk hehe..

    ReplyDelete
  10. ternyata segala sesuatu itu khususnya pada perayaan tertentu juga terkait erat sekali dengan warna atau corak ya mbak :D

    ReplyDelete
  11. Eduunnn Harganya lumayan juga yah :v

    ReplyDelete
  12. pantesan aja di pontianak dan singkawang orang tionghoa sering nyari nenas merah....kalau 15 hari habis imlek ada perayaan cap go meh mbak dan ada festival tatung (dukun cina) di singkawang...seru ngelihatnya pada atraksi semua....dan yang nontonpun jutaan sampai yang dari luar negeri datang....tapi kalau saya ke sana sering melihat nenas merah tersaji di dalam baki persembahan mereka, mungkin karena dianggap banyak membawa keberuntungan ya mbak? ok makasih infonya.

    ReplyDelete
  13. Dua buah tersebut bisa meriahkan hari imlek, yang sebentar lagi, ya mudah-mudahan ada yang kasih ampou.

    Tapi nanas dan buah naga keduanya memang saya suka dari warna dan rasanya, makasih.

    ReplyDelete
  14. Kirain buah Naga Mbak? tapi nanas juga sip jika dimasak dengan telur ikan dan di gulai, lalau nanasnya di potong kotak kotak, Hmmmm Yummy?

    ReplyDelete
  15. Hello my friend.
    I wish a beautiful afternoon.
    A wonderful sunny weekend.
    Teb.

    ReplyDelete
  16. Beautiful day my friend.
    With sunshine and joy..
    Teb.

    ReplyDelete

Custom Search