Info seputar produk, tips dan gaya hidup

Peran Zat Aditif Pada Makanan

Peran Zat Aditif Pada Makanan. Dalam upaya mewujudkan konsumsi pangan yang beragam dan aman, memang lah perlu dimulai sejak dini, karena diera yang serba praktis dan modern seperti saat ini akan sangat mempengaruhi pola dan gaya hidup, termasuk dalam perubahan jenis panganan, salah satunya.
Terkait dengan itu mungkin dari kita juga pernah atau bahkan sering mendengar zat aditif yang terkandung dalam sebuah minuman atau makanan.

Dan umumnya zat ini bisa diperoleh atau berasal dari beberapa tumbuh-tumbuhan seperti jenis sayuran (zat alami). Ada kunyit yang bisa difungsikan untuk pewarna makanan, jenis gula dan madu sebagai pemanis, sampai ke pengawet dan penyedap bisa menggunakan garam dapur, bawang putih dan juga cabai-cabaian.
Sedangkan untuk zat aditif buatan, sepanjang pembuatannya masih dalam batas kewajaran (porsi normal) hal itu masih terbilang aman untuk kita konsumsi.

Peran Zat Aditif Pada Makanan
Picture from google

Peran zat aditif pada makanan
Penggunaan Zat aditif ini kerap digunakan pada sebuah makanan, hal ini tentu saja karena memiliki tujuan dan maksud dibalik perannya. Dan berikut ini adalah beberapa alasannya.

  • Dapat menguntungkan para konsumen, seperti mempertahankan kualitas produk. Contohnya bila asam nitrit ditambahkan pada daging bisa mencegah dan menghindari tumbuhnya jenis bakteri (jamur).
  • Dapat membantu proses (pengolahan makanan) misalnya bisa sebagai pengempuk, penyetabil dan dijadikan untuk pemutih adonan.
  • Dapat membuat proses hasil makanan, nantinya akan terlihat lebih menarik dan lebih sedap (enak) rasanya.
  • Dapat mempertahankan dan memperbaiki kandungan atau nilai gizi dari makanannya itu sendiri.
  • Dapat membuat makanan lebih tahan lama.

12 komentar:

  1. wow ,,,, inpo yng sangat bagus nih ,,,,, buat bekal nnti ,,,,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yah Mas Fiu, saya juga beranggapan begitu

      Delete
  2. terimakasih atas informasinya mbak, ternyata selain sebagai pengawet banyak juga manfaat yang lain dari zat aditif ini

    ReplyDelete
  3. Kalau soal makanan saya taunya tinggal Makan sja Mbak Susi
    Jadi saya ijin save dulu artikel ini untuk saya belajar tentang
    Mengenal peran zat aditif pda makanan. makasih share nya Mbak Susi :)

    ReplyDelete
  4. Lumayan juga iya peran zat aditif dalam makanan, perlu di hafalin nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dihafalkan mbak, besok soalnya besok mau ujian :)

      Delete
  5. rugi bgt yang ga bisa makan sayur kayak gw :(

    ReplyDelete
  6. trimakasih ya mbak susi, informasinya bagus dan penting untuk diketahui..selama ini saya ndk tahu apa itu manfaat zat aditif...di blog ini saya jadi sedikit2 tahu :)

    ReplyDelete
  7. Zat aditif alami, baik sebagai pengharum, penyedap maupun pemanis lebih aman untuk digunakan ya mbak?

    ReplyDelete
  8. wahhh dikira zat adiktif itu cuman ada yang dari bahan kimia aja ternyata dari baahan alami juga banyak yahh hmmm ... baru tahu nihhh sayah :D

    ReplyDelete
  9. baru tahu nih ternyata zat aditif bermanfaat banget ya mbak, sangat mencerahkan nih informasinya ;)

    ReplyDelete
  10. Wah bermanfaat pengetahuannya ni mba', soalnya zat itu memang berbahaya mba', jadi mesti hati2.

    ReplyDelete

Custom Search