-->
  • Jelajahi

    Copyright © Pengetahuan Produk | Katalog Alfamart, Indomaret, Sophie Paris, Tupperware, Oriflame, dll
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Jenis Makanan Inilah, Yang Sering Sebabkan Keracunan

    Pengetahuan Produk
    4/04/15, 00:11 WIB Last Updated 2015-04-03T17:11:31Z
    Sebenarnya untuk semua jenis bahan makanan bisa berpotensi dan dapat sebabkan keracunan. Banyak faktor yang membuat hal itu kemungkinan bisa terjadi. Baik itu di karenakan kualitas produk yang memang telah rusak (expired), penyimpanan (handling) yang salah, atau bisa jadi keliru dalam cara menyajikannya.

    Namun dari hampir semua produk yang ada, terdapat 5 jenis makanan yang terbilang rentang dan mudah memicu terjadinya keracunan. Mau tau apa saja dari kelima jenis makanan itu. Berikut referensi yang pernah di lansir dari Timesofindia, beberapa waktu lalu.

     5 Jenis Makanan Inilah, Yang Sering Sebabkan Keracunan

    5 Jenis Makanan Inilah, Yang Sering Sebabkan Keracunan

    Telur
    Selain kerap di jadikan sebagai bahan adonan kue, telur juga merupakan salah satu jenis makanan yang di gemari dalam menu lauk pauk sehari-hari. Namun karena kulit telur cenderung bercampur dengan sisa kotoran, membuatnya mudah terkontaminasi oleh sejumlah bakteri. Untuk itu saat anda hendak menyimpannya kedalam lemari es, cucilah terlebih dulu hingga bersih. Umumnya telur yang dapat mengakibatkan keracunan kerap di konsumsi saat dalam keadaan mentah. Oleh karena itu sangat di sarankan dalam mengkonsumsi telur sebaiknya di masak terlebih dulu. Baca juga Tips Terbaik Dalam Memilih Telur Berkualitas

    Tuna
    Ikan ini termasuk jenis ikan yang tak dapat bertahan lama, bila telah menjadi masakan matang. Itu artinya sangat tidak di sarankan bila makanan harus di hangatkan atau di masak kembali (hingga dua kali)
    Dari beberapa kasus, hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada kulit seperti timbul bercak merah di sebagian lengan hingga leher.
    Sementara jika anda ingin membeli ikan ini, perhatikan lagi akan kualitas kesegerannya, karena bila anda kedapatan ikan yang sudah terkontaminasi bakteri scombrotoxin. Bisa menimbulkan kram dan sakit kepala parah. Baca juga Tips Sederhana Dalam Memilih Ikan Segar

    Tiram
    Melihat dari tempat perkembang biakannya, tiram dan sebangsa speciesnya seperti kerang memang paling rentang dengan hal ini. Umumnya orang yang keracunan memakan tiram menandakan gejala demam, muntah dan diare.

    Kentang
    Meski tidak banyak di temui kasus, namun tumbuhan jenis umbi ini termasuk rentang menimbulkan racun pada masakan. Makanya tak heran mungkin ada dari anda yang pernah mencium aroma busuk kentang yang luar biasa baunya. Selain itu kentang juga tak tahan dengan pencahayaan sinar lampu yang terlalu terang. Seperti hampir di tiap supermarket dan swalayan kita kadang pernah jumpai kentang yang kulitnya telah berubah warna coklat kehijauan. Dalam hal ini janganlah anda memilih atau sampai membelinya. Karena warna hijau seperti itu menandakan kentang sudah tidak berkualitas baik dan bahkan sudah mengubah rasa dan sifatnya.
    Catatan : untuk menghindari keracunan pada masakan kentang, masaklah dengan suhu panas yang tinggi, karena hal itu dapat menetralisir zat racun yang berada di dalamnya.

    Keju
    Umumnya keju di gunakan untuk isian roti, pembuatan kue dan lainnya. Namun anda perlu ingat bahwasannya keju terbuat dari bahan yang mudah rusak dan rentang terkontaminasi oleh bakteri. Apalagi jenis bakteri yang terdapat pada keju adalah jenis bakteri listeria Salmonellaor yang di takuti oleh para ibu hamil. Karena bakteri ini dapat menyebabkan keguguran.
    Untuk itu pastikan lagi saat anda hendak membeli, dengan melihat segel kemasan dan perhatikan tanggal expired nya, dan satu hal yang terpenting jangan sampai tergiur dengan harga murah yang di tawarkan.
    Karena kesehatan anda dan keluarga lebih mahal harganya. *)sussi.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    FoodBevereges

    +